Kolak, Hidangan Ramadan yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 17/03/2023 15:28 WIB
8 Jenis Hidangan Ramadan yang Paling Disukai di Indonesia (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ramadan identik dengan beragam hidangan makanan dan minuman khas daerah. Seperti di Indonesia, ada banyak sekali hidangan Ramadan yang biasa disantap saat berbuka puasa atau sahur.

Menurut hasil survei perusahaan data dan wawasan konsumen, TGM Research, jenis hidangan Ramadan yang paling disukai masyarakat Indonesia adalah kolak. Persentasenya mencapai 17,2%.

Hidangan Ramadan yang paling disukai berikutnya adalah rendang yaitu sebanyak 11,2%. Kemudian, sebanyak 8% responden memilih opor ayam.

Ada pula 5,3% responden yang menyukai kolak pisang sebagai hidangan Ramadan. Lalu, disusul oleh responden yang menyukai kurma (4,8%), ketupat (4,8%), opor (3,9%), dan es buah (2,4%).

Survei itu juga menunjukkan bahwa mayoritas atau 90% masyarakat Indonesia akan memasak di rumah untuk teman atau anggota keluarga saat Ramadan. Selain itu, 99% responden mengatakan bakal menghabiskan waktu makan bersama anggota keluarga di rumah.

TGM Research mensurvei 818 responden di Indonesia pada usia 18-55 tahun. Survei dilakukan pada 3 Februari – 18 Februari 2023, menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI).

Puasa tahun ini diperkirakan bakal dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023 mendatang. Namun, kepastian Ramadan bakal ditentukan melalui Sidang Isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Rabu, 22 Maret 2023.

(Baca: Cendol hingga Boba, Ini Produk Minuman yang Laku saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua