Hasil survei Kantar Indonesia mengungkap pengeluaran kebutuhan rumah tangga sehari-hari, di antaranya untuk makan, membeli produk, hingga hiburan.
Terbesar adalah membeli makanan segar dengan proporsi 24% dari total pengeluaran responden pada kuartal III 2024. Persentasenya sama besar dengan periode 2023.
Selanjutnya pengeluaran untuk membeli produk fast-moving consumer goods (FMCG) sebesar 19% pada periode yang sama. Turun tipis dari kuartal III 2023 yang sebesar 20%.
Lalu ada transportasi sebesar 7,4%. Disusul utilitas sebesar 6,1%.
Rumah tangga Indonesia juga menyisihkan keuangannya untuk menabung, sebesar 4,8%.
Kemudian pengeluaran untuk komunikasi 3,8%; pendidikan 3,6%, membeli barang tahan lama 3,3%, dan bayar rumah 3%.
Sisanya ada keperluan untuk membeli pakaian, perawatan kesehatan, liburan atau jalan-jalan, hiburan, hingga investasi, dengan proporsi kurang dari 3% seperti terlihat pada grafik.
Kantar menyebut, pengeluaran rumah tangga tumbuh 7% pada kuartal III 2024. Rinciannya sebesar Rp5,6 juta pada kuartal III 2023 menjadi Rp6 juta pada kuartal III 2024.
Pertumbuhan pengeluaran pada kelas menengah ke atas mencapai 7,9% pada kuartal III 2024, sedangkan kelas menengah sebesar 3,8% dan kelas bawah 11,2%.
(Baca juga: Warung Tradisional Jadi Kanal Penjualan Produk FMCG Terbesar di RI)