Apa Produk yang Banyak Dibeli Pengguna PayLater saat Belanja Online?

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 25/06/2024 15:48 WIB
Ragam Produk yang Dibeli Responden secara Online Menggunakan Paylater (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei kolaborasi Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, mayoritas atau 69,1% pengguna paylater di Indonesia menggunakan layanan tersebut untuk berbelanja secara online

Menurut riset bertajuk Laporan Perilaku Pengguna PayLater Indonesia 2024, pulsa dan voucher menjadi produk yang paling banyak banyak dibeli pengguna paylater secara online, dipilih oleh 25,8% responden. 

“Seiring dengan semakin diminatinya penggunaan paylayer pada transaksi online, membuat paylater kini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak, tetapi juga kebutuhan harian dan tagihan,” tulis tim riset dalam laporannya.

Berikutnya, terdapat produk kesehatan dan kecantikan yang dibeli oleh 15,6% pengguna paylater online. Lalu diikuti produk fashion dan aksesorisnya 14%, peralatan rumah tangga 10,7%, hingga makanan 6,5%. 

Adapun produk lainnya yang dibeli responden secara online menggunakan paylater di antaranya olahraga, mainan, dan hobi (6,4%); gadget dan aksesorisnya (5,9%); otomotif (4,1%); peralatan kantor dan alat tulis (4%), produk anak dan bayi (3,8%), sampai elektronik (1,8%). 

Sementara, komputer dan aksesorisnya jadi produk yang paling sedikit dibeli pengguna paylater di toko online, proporsinya hanya 1,4%. 

Kredivo dan KIC melakukan survei ini terhadap lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Data transaksi online dihimpun dari lima marketplace terbesar sepanjang 2023. 

(Baca: 8 Layanan paylayer Terpopuler di Indonesia, Shopee paylayer Juara)

Data Populer
Lihat Semua