18 Ribu Karyawan Kena PHK sampai April 2024, Terbanyak di Banten

Ketenagakerjaan
1
Adi Ahdiat 30/05/2024 09:35 WIB
Jumlah Karyawan yang Terkena PHK di Indonesia (Januari-April 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), selama Januari-April 2024 ada 18.829 karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia.

Dalam periode tersebut korban PHK terbanyak berada di Banten, yakni 5.078 orang.

Salah satu gelombang PHK di Banten belakangan ini terjadi di PT Parkland World Indonesia (PWI) 1, pabrik yang memproduksi sepatu merek Adidas.

Menurut Ketua Serikat Pekerja Nasional PWI 1 Agus Sugianto, PHK itu terjadi karena perusahaan merugi akibat minim pesanan, serta ada pemindahan produksi ke pabrik di Jawa Tengah.

"Order terbatas karena banyak pabrik Adidas yang baru bermunculan, akhirnya kuota kita juga minim, akhirnya [pabrik] PWI 1 yang di Serang harus direlokasi untuk mempertahankan grup PWI," kata Agus, dilansir Radar Banten, Rabu (17/4/2024).

"Di sana [Jawa Tengah] biaya produksinya lebih murah. Harga jual sepatunya tetap segitu, sedangkan operasional lebih besar di sini [Banten]," ujar Agus.

Selain di Banten, kasus PHK pada Januari-April 2024 juga banyak terjadi di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat seperti terlihat pada grafik.

Namun, data ini mungkin belum mencerminkan keseluruhan kasus PHK nasional, karena Kemnaker hanya mencatat PHK yang dilaporkan perusahaan melalui Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan dan/atau Pengadilan Hubungan Industrial.

(Baca: Pengangguran Indonesia Berkurang Jadi 7,2 Juta Orang Awal 2024)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua