Menurut perusahaan riset pasar Compas, produk fast-moving consumer goods (FMCG) banyak diburu di e-commerce Indonesia pada Ramadan 2024.
Compas meriset penjualan produk FMCG di beberapa e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.
Riset dilakukan dengan metode online crawling atau penelusuran digital. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko dengan rating 4 ke atas selama periode Ramadan 2024, tepatnya 13 Maret-9 April 2024.
Menurut temuan mereka, nilai total penjualan produk FMCG di e-commerce tersebut mencapai Rp6,4 triliun pada Ramadan 2024. Nilainya melonjak 25,4% dibanding Ramadan 2023 yang meraup Rp5,1 triliun.
Pada Ramadan tahun ini produk FMCG kategori perawatan kecantikan meraih nilai penjualan tertinggi, yakni Rp2,9 triliun.
Kemudian penjualan produk makanan dan minuman Rp1,8 triliun, produk kesehatan Rp1,01 triliun, dan produk ibu-bayi Rp642 miliar.
“Kami berharap dengan informasi ini, top brand FMCG akan lebih siap untuk merancang campaign di Ramadan 2025 mendatang,” kata CEO dan Co-Founder Compas dalam siaran persnya, Rabu (15/5/2024).
(Baca: Jelang Ramadan, Penjualan Makanan-Minuman Manis di E-Commerce Meningkat)