Harga Gas Alam Dunia Siang Hari Diperdagangkan US$ 1,86 per Mmbtu (Kamis, 11 April 2024)

Materials
1
Agus Dwi Darmawan 11/04/2024 14:09 WIB
Harga Gas Alam Dunia Tiga Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Yahoo finance mencatat harga gas alam dunia pada hari ini turun 1,49 persen menuju level US$ 1,86 per mmbtu. Penurunan harga ini termasuk yang cukup tinggi dibandingkan rata-rata pergerakan harga dalam sepekan terakhir.

Harga gas alam dunia mengalami lonjakan tertinggi minggu ini pada Senin, 08 April 2024 sebesar 3,31 persen. Sedangkan, perdagangan terhitung sejak awal tahun terus mengalami penurunan dengan pertumbuhan tahun berjalan (year to date) adalah sebesar 29,69 persen.

Kondisi saat ini serupa dengan pergerakan harga gas alam dunia sebelumnya yang sedang dalam tren naik.

Seminggu terakhir, pergerakan harga gas alam dunia melambat 0,27 persen dengan rata-rata harga transaksi harian adalah US$ 1,84 per mmbtu. Perhitungan Katadata Insight Center (KIC), dalam setahun berjalan (year-to-date/YTD), harga gas alam dunia tersebut telah turun 29,69 persen. Adapun sepanjang tahun ini, nilai perdagangan tertinggi untuk komoditas gas alam dunia pernah ditransaksikan di harga US$ 3,31 per mmbtu yang terjadi pada Jumat, 12 Januari 2024.

Secara tahunan, rata-rata perdagangan harga gas alam dunia dalam lima tahun terakhir dalam tren turun. Sementara itu, untuk pantauan harga secara bulanan, transaksi dalam 12 bulan terakhir cenderung turun. Tertinggi, harga rata-rata bulanan komoditas gas alam dunia pernah tercatat yakni pada Oktober 2023 diharga US$ 3,14 per mmbtu.

Sebelumnya, berita ancaman kekurangan gas juga memperdalam kekhawatiran atas risiko resesi di negara-negara yang bergantung pada bahan bakar untuk industri dan pembangkit listrik, termasuk Inggris dan Uni Eropa.

Data Populer
Lihat Semua