5 Jembatan Termahal yang Pernah Dibangun di Dunia

Utilitas
1
Erlina F. Santika 27/03/2024 17:50 WIB
Estimasi Biaya Pembangunan 5 Jembatan Termahal di Dunia (2022)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Francis Scott Key, jembatan yang berlokasi di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, ambruk setelah ditabrak kapal kargo pada Selasa (27/3/2024).

Melasir Kompas.com dari Al Jazeera, kapal bernama Dali dengan panjang 300 meter itu awalnya kehilangan kendali setelah meninggalkan pelabuhan Baltimore. Kapal itu lantas menabrak salah satu tiang penyangga jembatan tersebut.

Sedikitnya ada 22 awak dan dua nahkoda dalam kapal tersebut. Sebanyak enam orang yang hilang diduga tewas dalam insiden tersebut.

Jembatan ini memiliki panjang 1,6 mil yang terbentang di Sungai Patapsco, melintasi Pelabuhan Inner Baltimore hingga Teluk Chesapeake. Dibangun pada sekitar 1977, konstruksi Francis Scott Key diprediksi telah menelan US$110 juta pada saat itu.

Jembatan ini memiliki posisi yang strategis dan menampung lebih dari satu juta kontainer pengiriman masuk dan keluar setiap tahun, seperti diberitakan SkyNews. Kini, jembatan ditutup untuk semua lalu lintas di laut dan sebagian besar jalan rayanya sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Presiden AS Joe Biden berjanji akan membuka kembali salah satu pusat pelayaran terbesar di Amerika tersebut. Para ahli menilai konstruksi ulang jembatan Baltimore dapat menelan biaya lebih dari U$600 juta.

Jembatan Baltimore menjadi satu dari sekian jembatan yang dibangun dengan harga yang cukup tinggi. Apa saja jembatan yang lebih mahal yang pernah dibangun di dunia?

Berdasarkan data yang dihimpun CEOWorld Magazine, sedikitnya ada 5 jembatan yang dibangun dengan dana besar.

Pertama ditempati Incheon, Korea Selatan, sebesar US$1,55 miliar. Jembatan kabel beton ini menghubungkan daratan Incheon ke Pulau Yeongjong. Menjadi jembatan kabel terpanjang di Korea Selatan dan ke-10 di dunia.

Kedua, Confederation Bridge, Kanada, yang diestimasikan menelan biaya U$971 juta. Jembatan ini menghubungkan daratan New Brunswick dengan Pulau Prince Edward.

Ketiga, George Washington, AS sebesar US$935 juta. Jembatan gantung bertingkat dua merupakan landmark wilayah metropolitan New York.

Keempat, Arthur Ravanel Jr. Bridge di Carolina Selatan, AS dengan biaya konstruksinya US$900 juta. Jembatan kabel ini melintasi Sungai Cooper di Carolina Selatan.

Kelima, Golden Gate Bridge yang berlokasi di San Fransisco, California. Jembatan ikonik sepanjang 2.727 meter ini dibangun seharga US$704,9 juta.

(Baca juga: Ini Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara, Ada dari Indonesia)

 

Data Populer
Lihat Semua