Kemenhub Siapkan 722 Bus Mudik Gratis 2024, Ini Kota Tujuannya

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 07/03/2024 10:34 WIB
Jumlah Kota Tujuan Bus Mudik Gratis dari Kemenhub Berdasarkan Wilayah (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan 722 unit bus untuk program mudik gratis 2024.

Pendaftaran mudik gratis Lebaran 2024 Kemenhub dibuka sejak 6 Maret-3 April 2024, atau sampai kuota habis. Masyarakat dapat mendaftar melalui aplikasi MitraDarat yang bisa diunduh di AppStore atau PlayStore.

Dari 722 unit bus yang tersedia, Kemenhub membuka kuota 30.088 penumpang mudik gratis, dibagi menjadi 24.368 penumpang untuk arus mudik dan 5.720 penumpang untuk arus balik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugianto menyebut, tahun ini Kemenhub juga menyediakan kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk gratis untuk 900 unit sepeda motor.

"Disediakan kuota 450 unit (motor) untuk arus mudik dengan 15 truk, dan 450 unit (motor) untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk," kata Hendro melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2024).

Adapun tujuan mudik gratis tahun ini mencakup 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, serta wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Tujuan mudik gratis paling banyak menuju Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yakni ke 19 kota yang meliputi Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Sragen, dan Yogyakarta.

Lalu Provinsi Jawa Timur sebanyak 5 kota, yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Berikutnya di Sumatera ada empat kota tujuan yang meliputi Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang. Diikuti oleh Jawa Barat dengan tujuan Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Terakhir, di Kalimantan ada dua kota tujuan bus mudik gratis, yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun.

"Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Pelembang," kata Hendro.

Penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari 6 terminal, yaitu Pulogebang Jakarta, Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Jatijajar Depok pada 6 April 2024. 

Kemudian keberangkatan dari Kampung Rambutan Jakarta, Poris Plawad Tangerang dan W.A Gara Kalimantan Tengah pada 7 April 2024.

"Kami berharap dengan adanya program Mudik Gratis Kemenhub ini dapat mencegah masyarakat untuk mudik dengan sepeda motor, terlebih dengan jarak yang cukup jauh," kata Hendro.

(Baca: Ini Kuota Mudik Gratis 2024 dari Kemenhub, Ada Bus sampai Kapal Laut)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua