Semua Wilayah Indonesia Kena Gempa Besar pada 2023, Kecuali Kalimantan

Demografi
1
Nabilah Muhamad 28/02/2024 14:14 WIB
Frekuensi Gempa Bumi Besar* di Indonesia Berdasarkan Pulau (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sepanjang 2023 terdapat 176 gempa bumi besar dengan skala kekuatan Magnitudo >5 yang mengguncang Indonesia.

Gempa besar tersebut paling sering terjadi di kawasan Maluku, yakni 54 kali, kemudian di Sulawesi 42 kali, dan Sumatra 23 kali.

Gempa dengan kekuatan Magnitudo >5 juga mengguncang Jawa dan Bali, dengan jumlah kejadian masing-masing 20 kali sepanjang 2023.

Lalu di Nusa Tenggara ada 12 kali, dan Bali 5 kali kejadian pada periode sama.

Sementara, Kalimantan menjadi satu-satunya pulau yang tidak mengalami gempa besar pada tahun lalu. Wilayah ini juga cenderung lebih aman dari gempa bumi skala menengah (Magnitudo 4—5), maupun skala skala kecil (Magnitudo <4).

Sepanjang 2023 Kalimantan hanya mengalami gempa menengah 6 kali, dan gempa kecil 12 kali.

Berbeda dengan pulau-pulau lain, yang frekuensi gempa menengah dan kecilnya mencapai ratusan sampai ribuan kali dalam setahun.

Meski begitu, Kalimantan tidak sepenuhnya aman dari ancaman bencana alam.

Berdasarkan Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sepanjang 2023 setidaknya ada 110 kejadian bencana alam di Kalimantan, mulai dari kekeringan, puting beliung, banjir, longsor, hingga kebakaran hutan dan lahan.

Adapun dalam periode 1 Januari-28 Februari 2024, Kalimantan mengalami 30 kejadian banjir. Akibatnya, ratusan ribu warga harus mengungsi dan sejumlah fasilitas umum rusak.

(Baca: Jawa Tengah, Provinsi dengan Cuaca Ekstrem Terbanyak Sedekade Terakhir)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua