Inilah Produk yang Banyak Diimpor Indonesia dari Belize

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 15/02/2024 10:51 WIB
Produk Utama yang Diimpor Indonesia dari Belize pada 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan impor dengan Belize US$ 99 ribu data per Desember 2022. Nilai tersebut naik 28,57% dibandingkan impor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 77 ribu.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Belize, impor dalam 10 tahun terakhir jumlahnya telah cukup banyak berkurang. Terendah impor Indonesia adalah US$ 77 ribu dan untuk impor tertinggi di angka US$ 3,61 juta.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diimpor dari Belize, 39 produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Kebanyakan produk impor dari tempat ini, merupakan impor produk yang juga banyak diimpor dari negara lain yang jumlahnya tercatat ada delapan produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diimpor Indonesia dari Belize. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Bahan kimia organik
  2. Bahan kimia organik dengan kode HS 29. Impor produk ini dari Belize berada di urutan pertama. Indonesia mengimpor sebanyak US$ 34 ribu. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya impor dari negara ini.

  3. Plastik dan artikelnya
  4. Di urutan kedua, impor Indonesia paling banyak adalah produk Plastik dan artikelnya. Nilai impor dari Belize pada 2022 tercatat US$ 23 ribu. Pada tahun sebelumnya Indonesia tidak mencatat adanya impor dari negara ini.

  5. Kendaraan selain kereta api atau trem rolling stock, dan suku cadang dan aksesorinya
  6. Di urutan berikutnya, Indonesia juga mengimpor US$ 22 ribu Kendaraan selain kereta api atau trem rolling stock, dan suku cadang dan aksesorinya dari Belize. Nilai impor produk ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang mampu menembus US$ 26 ribu. Data Trademap memperlihatkan aktivitas dagang Indonesia mengimpor Kendaraan selain kereta api atau trem rolling stock, dan suku cadang dan aksesorinya dari 85 negara. Impor Kendaraan selain kereta api atau trem rolling stock, dan suku cadang dan aksesorinya dari negara ini berada di urutan 62. Lima negara lain yang menjadi sumber impor Kendaraan selain kereta api atau trem rolling stock, dan suku cadang dan aksesorinya adalah Jepang, Cina, Mali, Thailand dan India.

  7. Mesin dan peralatan listrik dan bagiannya
  8. Indonesia tercatat mengimpor produk ini dari 147 negara. Impor Mesin dan peralatan listrik dan bagiannya dari negara ini berada di urutan 106. Pada 2022, Indonesia tercatat melakukan impor senilai US$ 12 ribu. Selain negara tersebut, impor terbesar Mesin dan peralatan listrik dan bagiannya berasal dari Cina, Mali, Singapura, Korea, Republik dan Jepang.

  9. Artikel besi atau baja
  10. Produk ini diperoleh dengan mendatangkannya dari 99 negara. Impor Artikel besi atau baja dari negara ini berada di urutan 80. Pada 2022, Indonesia tercatat melakukan impor sebanyak US$ 4 ribu. Negara lain yang masuk lima besar suplier produk impor ini ke Indonesia adalah Mali, Cina, Jepang, Jerman dan Korea, Republik.

Data Populer
Lihat Semua