Klasemen Akhir Peringkat 3 Terbaik Piala Asia: Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar

Olahraga
1
Cindy Mutia Annur 26/01/2024 13:52 WIB
Klasemen Akhir Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023 (25 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Timnas Indonesia akhirnya bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Tim Garuda maju berkat finis di posisi keempat tim peringkat tiga terbaik.

Hasil imbang 1-1 yang diraih Kirgistan vs Oman pada laga terakhir Grup F Kamis (25/1/2024) malam membawa keuntungan bagi Indonesia. Sebab, kedua tim itu hanya berbagi satu poin.

Alhasil, tim asuhan Shin Tae-yong mampu bertahan di posisi keempat klasemen akhir tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 dengan raihan tiga poin.

Posisi timnas Indonesia berada di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang sama-sama mengantongi empat poin. Adapun Yordania harus turun ke peringkat tiga Grup E usai dikalahkan Bahrain 1-0 sebelum laga Kirgistan vs Oman digelar.

Kemenangan itu membuat Bahrain menjadi juara grup E dengan raihan enam poin. Sebelum laga semalam, tim Dilmun Warriors sempat harus bersaing dengan Indonesia di klasemen tim peringkat tiga terbaik.

Adapun Oman yang juga sebelumnya punya peluang lewat jalur tim peringkat tiga terbaik, harus puas dengan hanya mengumpulkan dua poin di klasemen akhir tersebut. Posisi Oman berada di bawah timnas Indonesia, sehingga gagal lolos ke babak 16 besar.

Sementara, China tetap menjadi juru kunci tim peringkat tiga terbaik dengan total hanya meraih satu poin.

Keberhasilan timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar mencatatkan sejarah baru. Menurut laman PSSI, ini merupakan pertama kalinya tim Merah Putih bisa maju ke fase gugur Piala Asia.

Selanjutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal berhadapan dengan Australia di Stadion Jassim bin Ahmad pada Minggu (28/1/2023) mendatang.

Berikut daftar lengkap klasemen akhir peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023:

  1. Yordania: 4 poin
  2. Palestina: 4 poin
  3. Suriah: 4 poin
  4. Indonesia: 3 poin
  5. Oman: 2 poin
  6. China: 2 poin

(Baca: Top Skor Sementara Piala Asia 2023, Striker Irak Memimpin)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua