Susu Formula, Produk Ibu dan Bayi Terbanyak Dibeli Konsumen E-Commerce Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 12/01/2024 20:10 WIB
Proporsi Nilai Penjualan Produk Ibu dan Bayi di E-Commerce Indonesia (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Susu formula dan makanan bayi merupakan produk ibu dan bayi yang paling banyak diburu konsumen e-commerce Indonesia pada 2023.

Hal ini terlihat dari laporan Indonesian FMCG Report 2023 yang dirilis Compas, perusahaan riset pasar digital asal Indonesia.

Compas meriset penjualan produk kesehatan di 3 e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Dari hasil online crawling atau penelusuran digital, Compas memperkirakan nilai penjualan produk ibu dan anak di Shopee, Tokopedia, dan Blibli mencapai Rp6,8 triliun sepanjang 2023.

Nilai itu setara 11,9% dari total nilai penjualan sektor fast moving consumer good (FMCG) di 3 e-commerce tersebut.

(Baca: Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023)

Di kategori produk ibu dan bayi, susu formula dan makanan bayi memiliki proporsi nilai penjualan terbesar pada 2023, yaitu mencapai 43,6%.

Berikutnya, produk perawatan bayi memiliki proporsi nilai penjualan 22,3%, terdiri dari:

  • Krim losion bayi (baby lotion cream): 6,5%
  • Sabun bayi (baby soap): 5%
  • Minyak telon (telon oil): 4,8%
  • Tisu bayi (baby wipes): 2,6%
  • Perawatan mulut bayi (baby’s oral care): 1,2%
  • Produk perawatan bayi lainnya: 2,3%

Kemudian, popok bayi memiliki proporsi nilai penjualan 19,6%, di antaranya:

  • Popok sekali pakai: 19%
  • Popok kain: 0,6%

Selanjutnya, produk makanan bayi memiliki proporsi nilai penjualan 7,4%. Berikut rinciannya:

  • Vitamin bayi dan anak-anak (baby and kids vitamin): 5,3%
  • Bubur bayi (baby porridge): 1,1%
  • Biskuit bayi (baby biscuits): 1%

Adapun, produk kebutuhan ibu memiliki proporsi nilai penjualan 6%, di antaranya:

  • Nutrisi ibu menyusui dan ibu hamil (breastfeeding and pregnant woman nutrition): 5,8%
  • Produk kebutuhan ibu lain: 0,2%

Sementara, produk ibu dan bayi lainnya memiliki proporsi nilai penjualan 1,1%.

(Baca: Produk Ibu dan Anak Paling Terdampak Aksi Boikot-Israel, Kecantikan Tak Goyah

Data Populer
Lihat Semua