Ini Produk Kecantikan yang Banyak Diburu Konsumen E-Commerce Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 11/01/2024 18:33 WIB
Proporsi Nilai Penjualan Produk Kecantikan di E-Commerce Indonesia (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Produk perawatan wajah (face care) merupakan produk kecantikan yang paling banyak diburu konsumen e-commerce Indonesia pada 2023.

Hal ini terlihat dari laporan Indonesian FMCG Report 2023 yang dirilis Compas, perusahaan riset pasar digital asal Indonesia.

Compas meriset penjualan produk kecantikan di 3 e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Dari hasil online crawling atau penelusuran digital, Compas memperkirakan nilai penjualan produk kecantikan di Shopee, Tokopedia, dan Blibli sepanjang 2023 mencapai Rp28,2 triliun.

Nilainya setara 49% dari total nilai penjualan sektor fast moving consumer good (FMCG) di 3 e-commerce tersebut.

Di kategori produk kecantikan, face care memiliki proporsi nilai penjualan terbesar pada 2023, yaitu mencapai 39,4%. Segmen produk ini terdiri dari:

  • Pelembab wajah (face moisturizer): 9,3%
  • Serum wajah (facial serum)8,2%
  • Pembersih wajah (facial cleanser): 5,4%
  • Tabir surya (sunscreen after sun): 4,6%
  • Masker wajah (face mask): 2,4%
  • Produk face care lain: 9,5%.

Kemudian produk perawatan tubuh alias body care memiliki proporsi nilai penjualan 13,7%, terdiri dari:

  • Losion tubuh (body lotion and body butter): 5,7%
  • Sabun mandi (bath soap): 3,2%
  • Deodoran: 1,6%
  • Perawatan tubuh lainnya: 0,9%
  • Scrub perawatan tubuh (scrub peel body): 0,5%
  • Produk body care lain: 1,8%.

Selanjutnya, produk parfum memiliki proporsi nilai penjualan 9,4%, paket kecantikan (beauty package) 9,2%, perawatan rambut 8%, dan produk kecantikan lain 20,3%.

(Baca: 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar Dunia, Juaranya dari Prancis)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua