Dewi Kam Jadi Wanita Terkaya di Indonesia pada 2023 Menurut Forbes

Ekonomi & Makro
1
Nabilah Muhamad 08/12/2023 13:29 WIB
Daftar Wanita Terkaya di Indonesia Menurut Forbes (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2023. Dari jumlah tersebut, empat orang di antaranya merupakan wanita.

Berikut rincian nama dan profile singkat para wanita terkaya di RI meurut Forbes:

1. Dewi Kam 

Peringkat pertama wanita terkaya di Tanah Air ditempati oleh Dewi Kam, total kekayannya ditaksir sebesar US$4,45 miliar atau setara Rp68,98 triliun (asumsi Rp15.503 per US$). 

Menurut Forbes, sebagian besar kekayaan Dewi Kam berasal dari saham minoritas di perusahaan batu bara Indonesia, yaitu Bayan Resources. Di tengah krisis energi global, saham emitem berkode BYAN itu naik tiga kali lipat pada 2022 dan terus meningkat pada tahun ini. 

Selain itu, wanita berusia 73 tahun ini juga merupakan pemilik PT Sumber Energi Sakti Prima (SSP), yang bermitra dengan PT Bosowa Energi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

2. Jenny Quantero dan Engki Wibowo

Jenny Quantero saat ini menjabat sebagai Direktur Urusan Korporasi dan Sekretaris Bayan Resource. 

Kekayaan dirinya dan suaminya, Engki Wibowo, tercartat sebesar US$1,5 miliar atau setara Rp23,25 triliun. 

Pasangan suami istri tersebut telah membantu konglomerat Low Tuck Kwong mendirikan Bayan Resourse pada 2004. Kemudian Engki menjual sahamnya pada 2022 lalu. 

3. Arini Subianto dan keluarga 

Harta kekayaan Arini Subianto dan keluarga ditaksir sebesar US$1,34 miliar atau Rp20,77 triliun pada tahun ini. 

Setelah ayahnya, Benny Subianto, meninggal pada 2017, Arini mengambil alih bisnis keluarganya yang bernilai jutaan dolar AS. 

Salah satu sumber kekayannya adalah PT Persada Capital Investama, bisnisnya berkecimpung di sektor perkebunan, pertanian, konstruksi, properti, hingga pertambangan. 

Perusahaan yang dipimpin oleh Arini tersebut juga memegang saham minoritas di Adaro Energy. Arini juga tercatat berinvestasi di perusahaan startup teknologi melalui PT Persada sejak 2017.

4. Marina Budiman

Terakhir, Marina Budiman dengan harta kekayaan sebesar US$1,01 miliar atau Rp15,65 triliun. Ia menduduki posisi Presiden Komisaris PT DCI Indonesia Tbk., yaitu perusahaan pusat data yang didirikannya bersama Toto Sugiri. 

(Baca juga: Harta Orang Kaya RI Prajogo Pangestu Bertambah Paling Pesat di Dunia)

Data Populer
Lihat Semua