Ini Sumber yang Diandalkan Anak Muda untuk Cari Informasi Politik

Politik
1
Nabilah Muhamad 14/11/2023 17:07 WIB
Proporsi Platform Pilihan Responden Anak Muda untuk Mencari Informasi Tentang Dinamika Politik (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Anak muda Indonesia mengandalkan beragam sumber informasi untuk mengetahui kondisi politik dalam negeri. Sumber terbanyak yang dipilih ternyata media sosial berita online.

Hal itu sesuai dengan laporan survei nasional Katadata Insight Center (KIC) yang berjudul Politik di Mata Anak Muda: Persepsi dan Kecenderungan Gen Z & Milenial terhadap Capres, Parpol, dan Kampanye Pemilu 2024.

Proporsi anak muda yang memilih sumber media sosial berinta online tercatat sebanyak 80,4% responden.

Sumber terbanyak kedua adalah berita televisi yang dipilih 44,6% responden. Selanjutnya ada portal berita online yang dipilih sebanyak 36,6% responden.

Ada juga responden yang mencari informasi politik di akun media sosial channel politik, yakni sebanyak 18,7%. Lalu terdapat 17% responden mencari informasi di media cetak. 

Sementara itu, akun media sosial aktor-aktor politik seperti calon presiden, partai politik, presiden, hingga ketua umum partai politik justru meraih proporsi yang lebih sedikit seperti terlampir pada grafik. 

Survei KIC ini melibatkan 1.005 responden yang tersebar secara proporsional di Indonesia. Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (54,4%), Sumatra (22,5%), dan Sulawesi (7,8%). Sementara, responden yang berasal dari Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku Papua berada di rentang 3,6-6,4%.

Responden terdiri dari kelompok gen Z atau usia 17-26 tahun (50,4%), serta kelompok milenial atau usia 27-42 tahun (49,6%). Berdasarkan jenis kelaminnya terdiri dari 60,6% responden laki-laki dan 39,4% responden perempuan.

Pengambilan data dilakukan pada 11-17 Oktober 2023 secara online melalui data collection tSurvey dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Survei ini memiliki tingkat kesalahan (margin of error) sekira 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Kalangan Pemilih Gen Z dan Milenial)

Data Populer
Lihat Semua