Tonton Debat Warganet, Salah Satu Dorongan Pengguna Twitter Mau Baca Berita

Media
1
Erlina F. Santika 02/11/2023 19:32 WIB
Proporsi Alasan Utama Pengguna Twitter Gunakan Platform untuk Baca Berita (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Twitter kerap menjadi platform adu pendapat antara satu warganet dengan yang lainnya. Anggapan itu sesuai dengan survei Reuters Institute yang dilaporkan dalam Digital News Report 2021.

Ternyata, menikmati debat dan komentar suatu berita justru menjadi salah satu alasan pengguna Twitter mau membaca berita di platform tersebut. Proporsinya menyentuh 20% dari total responden pengguna Twitter pada 2021. Alasan ini tercatat sebagai yang terbesar kedua.

Adapun alasan pertama pengguna Twitter mau membaca berita di platform itu adalah karena Twitter dianggap sebagai tempat yang baik untuk mendapatkan informasi terbaru. Alasan ini dipilih oleh 25% responden.

"Bandingkan dengan Facebook, hanya 13% yang mengatakan hal yang sama," kata Reuters Institute dalam laporannya.

Alasan selanjutnya adalah X, merek baru Twitter, bisa memberikan perspektif alternatif yang tidak diberikan di media massa. Alasan ini dipilih 17% responden.

Sementara itu alasan lain tercatat sebanyak 14%; alasan personal yang sangat penting sebanyak 11%; dan cara yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu sebanyak 10%.

Survei ini menyasar 6.218 pengguna Twitter di berbagai negara. Namun secara umum, Digital News Report 2021 menyurvei 92 ribu pembaca berita online di 46 negara. Indonesia termasuk di dalamnya.

(Baca juga: Warga Twitter Suka Baca Berita, Konten Apa yang Paling Dicari?)

Data Populer
Lihat Semua