LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih yang Puas dengan Kinerja Jokowi

Politik
1
Nabilah Muhamad 26/10/2023 12:38 WIB
Tingkat Keterpilihan Pasangan Capres dan Cawapres di Kelompok Responden yang Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei keterpilihan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 di kalangan pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

"Dari 76,3% yang menyatakan puas kepada kinerja Jokowi, unggul Prabowo-Gibran di 40,5%," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas dalam paparan surveinya secara daring, Selasa (24/10/2023).

Di bawahnya, ada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dipilih oleh 39,8% basis responden yang mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Lalu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh 10,1%. Di kelompok ini ada 9,6% responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab.

LSI Denny JA juga turut merekam tingkat keterpilihan ketiga pasangan calon tersebut di kalangan responden yang kurang atau tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Hasilnya, Prabowo Subianto yang berpasangan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, masih unggul dengan perolehan 35,6%.

Urutan kedua diisi oleh Anies-Muhaimin yang mendapatkan 31,5% suara dari responden yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Kemudian Ganjar-Mahfud berada di urutan terakhir dengan perolehan 27,3%. Di kelompok ini ada 5,6% responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

"Baik yang puas maupun tidak puas pada dua segmen ini, Prabowo-Gibran unggul dibandingkan lawan-lawannya," kata Hanggoro.

Survei ini melibatkan 1.200 responden dari berbagai wilayah Indonesia. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Pengambilan data dilakukan pada 4-12 September 2023 menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 2,9%.

(Baca juga: Apakah Publik Setuju Gibran Jadi Bakal Cawapres Prabowo)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua