Ini Deretan Mobil Listrik Pendukung KTT AIS Forum Bali 2023

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 09/10/2023 13:09 WIB
Jumlah Mobil Listrik yang Digunakan dalam Penyelenggaraan KTT AIS Forum di Bali 2023 (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kendaraan listrik menjadi moda transportasi utama yang digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023. Forum internasional ini digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali. 

Melansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terdapat 430 unit yang akan digunakan untuk melayani tamu negara. Kendaraan itu berasal dari empat merek, yakni BWW, Hyundai, Toyota, hingga Wuling. 

Mobil listrik pertama adalah BMW i7 yang disiapkan sebanyak 236 unit untuk membawa tamu VVIP seperti kepala negara. 

Berikutnya, ada dua model mobil listrik yang disediakan Hyundai, yaitu Ioniq 5 sebanyak 38 unit dan Ioniq 6 sebanyak 198 unit. Keduanya digunakan untuk membawa tamu VIP seperti menteri dan level di bawahnya. 

Kemudian ada Toyota bZ4X sebanyak 66 unit, digunakan bagi delegasi yang hadir mendampingi kepada negara atau menteri pada pelaksanaan KTT AIS Forum 2023. 

"Rangkaian ini tidak terlepaskan dan hanya dapat digunakan dari Bandara-Hotel-Venue," kata Kepala Bagian Kendaraan, Biro Umum Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) Teten Masduki dalam keterangan resminya, Minggu (8/10/2023).

Terakhir, ada 100 unit Wuling Air EV yang digunakan untuk operasional masing-masing negara. Penggunaan mobil ini diserahkan pada setiap naradamping atau Liaison Officer (LO) di setiap delegasi yang serah terimanya telah dilakukan Kemensetneg ke Kementerian Luar Negeri. 

Panitia penyelenggara KTT AIS Forum 2023 di Bali juga telah menyediakan shuttle bus gratis untuk para jurnalis di beberapa titik keberangkatan menuju Media Center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua. Pengadaan kendaraan tersebut bertujuan untuk memudahkan mobilisasi jurnalis yang meliput KTT AIS Forum menuju dan meninggalkan Media Center. 

(Baca juga: Bukan Tesla, Ini Produsen Mobil Listrik Terlaris Dunia Semester I-2023)

Data Populer
Lihat Semua