Gaji CPNS Sarjana Hukum Bisa Tembus Rp18 Juta, Ini Tempat Kerjanya

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 05/10/2023 19:50 WIB
Tawaran Gaji CPNS untuk Sarjana Ilmu Hukum Berdasarkan Instansi Tempat Bekerja (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tahun ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka sekitar 2 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pelamar dengan latar belakang pendidikan S-1 Ilmu Hukum.

Lowongan CPNS untuk Sarjana Ilmu Hukum itu tersebar di empat instansi, yakni Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kejaksaan Agung (Kejagung), Mahkamah Agung (MA), dan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (Setjen DPR).

Dari empat instansi tersebut, yang menawarkan gaji minimum tertinggi adalah MA, yakni Rp10,65 juta per bulan.

Gaji itu ditawarkan untuk jabatan Ahli Pertama Pranata Peradilan. Namun, gaji maksimum untuk jabatan ini sama dengan angka minimumnya.

Sedangkan di PPATK, CPNS Sarjana Ilmu Hukum bisa mendapat gaji maksimum hingga Rp18,7 juta, meski gaji minimumnya lebih rendah dibanding MA, yakni Rp7,79 juta.

PPATK menawarkan gaji itu untuk beragam penempatan, seperti di Deputi Pelaporan dan Pengawas Kepatuhan, Bidang Analisis dan Pemeriksaan, sampai Pelatihan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme.

Kemudian Kejagung menawarkan gaji CPNS Sarjana Ilmu Hukum di angka Rp6,45 juta sampai Rp11 juta. Sedangkan penawaran paling rendah dari Setjen DPR, yakni Rp2,58 juta sampai Rp6,4 juta.

Masa pendaftaran seleksi CPNS sudah dibuka sejak 20 September 2023, dan akan ditutup pada 9 Oktober 2023.

Masyarakat yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat mendaftar langsung di situs resmi BKN.

(Baca: Gaji PPPK Guru Bisa Tembus Rp8 Juta, Ini Tempat Dinasnya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua