Baru Sedikit Pelaku E-Commerce Lokal yang Layani Pengiriman ke Luar Jawa

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 19/09/2023 14:35 WIB
Proporsi Usaha E-Commerce di Indonesia Berdasarkan Wilayah Pengiriman Barang yang Dilayani (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2022 mayoritas usaha e-commerce di Indonesia melayani pengiriman barang ke Pulau Jawa.

“Wilayah pengiriman yang dilayani usaha e-commerce di Indonesia sebagian besar berada di Pulau Jawa, sebesar 77,23%," kata BPS dalam laporan Statistik eCommerce 2022/2023.

Namun, yang melayani pengiriman ke luar Jawa baru sedikit.

Proporsi pelaku e-commerce lokal yang melayani pengiriman barang ke Pulau Sumatra baru 14,54%, Kalimantan 7,41%, Bali-Nusa Tenggara 6,2%, Sulawesi 5,49%, dan Maluku-Papua hanya 1,53%.

(Baca: Tren Pengunjung E-Commerce Semester I 2023, Shopee Kokoh di Puncak)

Survei BPS juga menunjukkan, lebih dari separuh usaha e-commerce di Indonesia mengirimkan langsung produknya kepada pembeli (55,3%).

Kemudian ada yang menerapkan sistem pembeli mengambil langsung pesanan di toko/titik penjemputan (36,59%), dan barang dikirim melalui jasa pengiriman (7,32%). Ada juga yang menyediakan layanan unduh produknya dari situs/aplikasi (0,79%).

BPS melakukan survei ini terhadap 31.753 sampel usaha e-commerce yang tersebar di 34 provinsi dan 302 kabupaten/kota. Sampel dalam survei ini adalah pelaku usaha yang menggunakan internet untuk menerima pesanan atau melakukan penjualan barang/jasa pada 2022.

Data yang diperoleh dalam survei ini berasal dari pertanyaan dengan jawaban ganda alias multiple answer.

(Baca: 10 Provinsi dengan Usaha E-Commerce Terbanyak 2022, Jawa Barat Juara)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua