Menurut data SimilarWeb, Shopee merupakan situs e-commerce kategori marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia pada semester I 2023.
Sepanjang paruh pertama tahun ini situs Shopee menerima antara 143 juta sampai 173 juta kunjungan per bulan.
Angka itu jauh melampaui kunjungan ke sejumlah situs e-commerce pesaing utamanya, yaitu Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak, seperti terlihat pada grafik di atas.
Pada Juni 2023 jumlah kunjungan ke situs Shopee juga tercatat tumbuh 1,5% dibanding posisi awal tahun (year-to-date/ytd).
Sementara, pada periode sama kunjungan ke situs Tokopedia turun 17,3% (ytd), Lazada turun 22,8% (ytd), Blibli turun 16,4% (ytd), dan Bukalapak turun 30% (ytd).
Kendati ada penurunan kunjungan ke beberapa situs, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) optimistis bahwa transaksi belanja online secara umum akan tumbuh tahun ini.
Menurut Ketua Umum idEA, Bima Laga, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 mencapai Rp476 triliun. Ia pun memprediksi nilainya bisa tumbuh lagi sebesar 20% hingga mencapai Rp572 triliun pada 2023.
Prediksi itu salah satunya didasarkan pada penetrasi internet nasional yang terus meningkat, yang akan menjadi pendukung tumbuhnya bisnis e-commerce di masa depan.
"Masih banyak potensi pasar yang bisa diutilisasi dan dimanfaatkan oleh para pebisnis e-commerce nasional," kata Bima, dilansir Kontan.co.id (16/3/2023).
(Baca: Penetrasi Internet di Indonesia Tumbuh Pesat dalam 10 Tahun Terakhir)