Tren Pengunjung E-Commerce Semester I 2023, Shopee Kokoh di Puncak

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 07/07/2023 12:00 WIB
Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-Commerce Terbesar di Indonesia (Januari-Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data SimilarWeb, Shopee merupakan situs e-commerce kategori marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia pada semester I 2023.

Sepanjang paruh pertama tahun ini situs Shopee menerima antara 143 juta sampai 173 juta kunjungan per bulan.

Angka itu jauh melampaui kunjungan ke sejumlah situs e-commerce pesaing utamanya, yaitu Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak, seperti terlihat pada grafik di atas.

Pada Juni 2023 jumlah kunjungan ke situs Shopee juga tercatat tumbuh 1,5% dibanding posisi awal tahun (year-to-date/ytd).

Sementara, pada periode sama kunjungan ke situs Tokopedia turun 17,3% (ytd), Lazada turun 22,8% (ytd), Blibli turun 16,4% (ytd), dan Bukalapak turun 30% (ytd).

Kendati ada penurunan kunjungan ke beberapa situs, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) optimistis bahwa transaksi belanja online secara umum akan tumbuh tahun ini.

Menurut Ketua Umum idEA, Bima Laga, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 mencapai Rp476 triliun. Ia pun memprediksi nilainya bisa tumbuh lagi sebesar 20% hingga mencapai Rp572 triliun pada 2023.

Prediksi itu salah satunya didasarkan pada penetrasi internet nasional yang terus meningkat, yang akan menjadi pendukung tumbuhnya bisnis e-commerce di masa depan.

"Masih banyak potensi pasar yang bisa diutilisasi dan dimanfaatkan oleh para pebisnis e-commerce nasional," kata Bima, dilansir Kontan.co.id (16/3/2023).

(Baca: Penetrasi Internet di Indonesia Tumbuh Pesat dalam 10 Tahun Terakhir)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua