Bukan Popularitas, Ini Karakter Utama Pemimpin yang Dicari oleh Gen Z Indonesia

Politik
1
Nabilah Muhamad 13/09/2023 15:26 WIB
Hal yang Dicari Gen Z Indonesia dari Seorang Pemimpin (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gen Z Indonesia mengantongi sejumlah kriteria pemimpin yang dicarinya. Hal ini terhimpun dalam riset IDN Research Institute bertajuk Indonesia Gen Z Report 2022.

Mayoritas atau 80% responden gen Z menilai bahwa visi dan misi jadi hal karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. 

Kemudian gen Z juga mencari karakter pemimpin yang memiliki integritas atau tidak korupsi dengan proporsi 78%. Disusul pengalaman politik yang dipilih 73% responden gen Z.

"Hal ini menunjukkan bahwa pada akhirnya, kapabilitas seorang kandidat lebih penting dalam meraih suara," tulis tim IDN Research Institute dalam laporannya.

Selain itu, latar belakang seorang pemimpin juga menjadi hal yang dianggap penting oleh gen Z, dengan proporsi 73%. Begitu pula dengan agama sang pemimpin dengan persentase 43%. Sementara popularitas justru menduduki urutan ketiga terbawah yang dipilih 33%. 

Survei ini juga menunjukkan tokoh politik yang paling dikenal di kalangan gen Z. Presiden RI Joko Widodo menduduki urutan pertama dengan proporsi 18%. Lalu popularitasnya disusul oleh Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dengan proposi berturut-turut 17% dan 12%. 

IDN Research Institute mendefinisikan gen Z adalah mereka yang berusia antara 15-24 tahun pada 2022. 

Survei ini melibatkan 1.000 responden dari 12 kota yang tersebar di berbagai wiliayah di Indonesia, sampel dipilih menggunakan metode random sampling. 

Pengambilan data dilakukan pada 27 Januari-27 Maret 2022 menggunakan metode wawancara tatap muka (face to face). Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) kurang dari 5%.

(Baca juga: Mayoritas Warga RI Lebih Suka Pemimpin Laki-laki Ketimbang Perempuan)

Data Populer
Lihat Semua