Memiliki Anak Jadi Prioritas Terakhir Bagi Gen Z Indonesia

Demografi
1
Nabilah Muhamad 12/09/2023 17:54 WIB
Hal yang Menjadi Prioritas Hidup Para Responden Gen Z di Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Memiliki anak ternyata menjadi prioritas akhir kaum gen Z Tanah Air. Ini selaras dengan hasil riset yang dikeluarkan IDN Research Institute bersama Populix yang berjudul Indonesia Gen Z Report 2022.

Riset itu menunjukkan, hanya 64% dari total responden gen Z yang memilih anak menjadi prioritasnya. Angka ini terpaut jauh bila dibandingkan dengan prioritas utamanya.

Prioritas utama gen Z ternyata membahagiakan orang tua yang dipilih oleh 83% responden. Tim riset menjelaskan, pandemi menjadi salah satu penyebab para gen Z di Indonesia menjadikan orang tua atau keluarga sebagai prioritas utamanya.

"Gen Z menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang tua mereka. Oleh karena itu, dapat meningkatkan apresiasi mereka terhadap hubungan keluarga di antaranya," tulis IDN Research Institute dalam laporannya. 

Kemudian, gen Z juga memprioritaskan menabung untuk masa depan dengan proposi 81%. Disusul mengembangkan kemampuan diri sebesar 77%. 

Jika dilihat pada grafik di atas, prioritas kedua hingga keenam lebih banyak difokuskan untuk mengembangkan diri dan bekerja. Menikah hingga punya anak di luar dari enam besar proritas tersebut. 

IDN Research Institute mendefinisikan gen Z adalah mereka yang berusia antara 15-24 tahun pada 2022. 

Survei ini melibatkan 1.000 responden dari 12 kota yang tersebar di berbagai wiliayah di Indonesia, sampel dipilih menggunakan metode random sampling. 

Data dikoleksi pada 27 Januari-27 Maret 2022 dengan metode wawancara tatap muka (face to face). Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) kurang dari 5%.

(Baca juga: Masalah Keuangan hingga Hubungan Jadi Pemicu Stres Buat Gen Z dan Milenial)

Data Populer
Lihat Semua