5 Merek Sampo dengan Pangsa Pasar Terbesar di E-Commerce, Pantene Juaranya

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 28/08/2023 18:33 WIB
5 Merek Sampo dengan Pangsa Pasar/Market Share Terbesar di E-Commerce (1-15 Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Compas, unit riset perusahaan teknologi Telunjuk.com, menghitung pangsa pasar dari 5 top brand sampo di Indonesia yang dijual melalui e-commerce. Merek sampo itu antara lain Pantene, Head & Shoulders, Keraste, L'Oreal, dan Miss Daisy.

Metode penghitungan dengan data crawling atau penelusuran data terhadap kelima merek sampo tersebut. Tim Compas menggunakan filter top brand, filter periode waktu tertentu, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type yang ada di Compas Dashboard. 

Penelusuran data juga menghitung penjualan produk tersebut di toko-toko resmi atau official store di Tokopedia dan Shopee, selama periode 1-15 Mei 2023.

Hasilnya, Pantene jadi merek sampo yang memiliki pangsa pasar atau market share terbesar pada Mei 2023 sebesar 10,59%. Merek ini membukukan 10,9 ribu penjualan dalam periode tersebut. 

"Strategi marketing Pantene yang cerdas dan kampanye iklan yang menarik telah membantu mereka mempertahankan posisi terdepan dan menjadi pilihan favorit konsumen," tulis tim riset Compas dalam laporannya. 

Kedua ditempati oleh Head & Shoulders, yang meraih 8,77% pangsa pasar dan menjual sebanyak 10 ribu produk. Head & Shoulders dinilai berhasil menarik perhatian konsumen, yang berfokus pada kualitas produk dan keunggulannya dalam mengatasi masalah rambut.

Ketiga, Keraste yang menguasi 7,57% pasar sampo di e-commerce dan telah menjual sebanyak 1,6 ribu produk. Merek sampo asal Prancis ini menargetkan konsumen yang mencari pengalaman perawatan produk rambut premium. 

"Dengan harga yang lebih tinggi dan kampanye pemasaran yang terarah, Kerastase berhasil menciptakan citra mewah yang diminati oleh segmen pasar tertentu," jelas tim tiset Compas. 

Terakhir, ada L'Oreal dan Miss Daisy yang masing-masing meraih pangsa pasar sebesar 7,12% dan 5,89%. 

"Di era digital yang semakin maju, strategi marketing yang cerdas dan berfokus pada kebutuhan konsumen akan menjadi kunci kesuksesan bagi top brand shampoo," tutup tim riset Compas. 

(Baca juga: Ini Merek Sampo dengan Konsumen Terbanyak di Indonesia)

Data Populer
Lihat Semua