Berdasarkan survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), merek sampo yang paling banyak dipakai konsumen Indonesia adalah Pantene.
Sebanyak 47,5% responden mengaku paling sering menggunakan sampo Pantene dalam setahun terakhir. Sementara pengguna sampo Sunsilk, Lifebuoy, Head & Shoulders, Dove, Rejoice, Tresemme, dan merek lain proporsinya lebih sedikit seperti terlihat pada grafik.
Kendati Pantene nomor satu, popularitasnya ternyata kalah dari Sunsilk yang menjadi merek sampo terpopuler di kalangan responden.
Mayoritas responden memilih menggunakan suatu merek sampo karena mudah ditemui di pusat perbelanjaan (70%), kualitas produknya dinilai lebih baik dari merek lain (64,5%), dan harganya terjangkau (62,8%).
Adapun responden yang memilih sampo karena ada diskon atau program promo lainnya hanya sedikit (23,1%).
Kurious-KIC melakukan survei ini terhadap 555 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 50,4% dan perempuan 49,6%.
Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (65%), kemudian di Jakarta (13,2%), dan Sumatra (10,9%). Sementara responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua proporsinya lebih kecil (antara 0,1%-3,9%).
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (31,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (28,2%) dan kelompok 45-54 tahun (21,7%).
Survei digelar pada periode 19-26 Desember 2022 menggunakan computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan sekitar 4,2% dan tingkat kepercayaan 95%. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.
(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)