Deretan Partai Pendukung Bacapres 2024, Siapa Terbanyak?

Politik
1
Cindy Mutia Annur 14/08/2023 10:59 WIB
Tiga Bacapres dalam Pilpres 2024 dan Jumlah Partai Politik yang Mendukung (13 Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tiga bakal calon presiden (bacapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saling berlomba mengumpulkan dukungan dari sejumlah partai politik. Ketiganya adalah bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, bacapres Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Lantas, siapa capres yang punya pendukung paling besar dari partai politik?

Berdasarkan data yang dihimpun Katadata.co.id per 13 Agustus 2023, Prabowo memiliki pendukung terbanyak yaitu dari 5 partai politik. Di antaranya adalah Gerindra, PBB, Golkar, PAN, dan PKB.

Teranyar, Partai Golkar dan PAN menyatakan resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Sekretaris Jenderal PKB Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan, dukungan gerbong Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan terhadap Prabowo memperjelas bahwa Pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan capres dan cawapres.

“Dukungan Golkar dan PAN kepada Prabowo akan membuat peta Pilpres semakin jelas,"  kata Aboe dikutip dari Katadata.co,id, Minggu (13/8/2023).

Menurut Aboe, adanya tiga pasang capres dan cawapres dapat meminimalkan polarisasi yang timbul di masyarakat akibat kontestasi.

“Ini cukup ideal. Jangan sampai pengalaman pemilu kemarin terulang ketika kontestasi hanya diisi dua paslon, yang terjadi yakni polarisasi di tengah masyarakat," kata dia.

Sebelumnya, pelaksanaan Pilpres 2019 hanya diikuti oleh Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Jokowi memenangkan Pilpres dan menjadi presiden RI hingga 2024 mendatang.

Berikut adalah sejumlah partai yang mendukung para bakal capres 2024:

  • Prabowo Subianto: Golkar, PAN, PKB, PBB dan Partai Gerindra.
  • Ganjar Pranowo: PDIP, PPP, dan partai non-parlemen yaitu Hanura dan Perindo.
  • Anies Baswedan: PKS, Partai NasDem, Partai Demokrat tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Meski demikian, ketiga kandidat capres tersebut belum juga menunjuk calon wakil presiden (cawapres) hingga saat ini.

(Baca: Golkar jadi Parpol dengan Belanja Iklan Tertinggi di Media Sosial)

Data Populer
Lihat Semua