Ini Merek Saus Sambal Favorit Masyarakat Indonesia menurut Survei Kurious


Nama Data | Nilai |
---|---|
ABC | 80,9 |
Indofood | 61,2 |
Del Monte | 27,6 |
Belibis | 25,2 |
Sasa | 19,7 |
Jawara | 13,6 |
Heinz Gourment Chili | 6,9 |
Sambal Cap Jempol | 4,2 |
Delisaos Mamasuka | 3,8 |
Red 1 Sparindo Food | 1,6 |
Merek lainnya | 0 |
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Saat ini ada banyak merek saus sambal yang beredar di pasaran, dan setiap merek memiliki rasa khas masing-masing. Namun, merek apa yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia?
Berdasarkan survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), merek saus sambal yang paling banyak dikonsumsi masyarakat adalah ABC. Mayoritas atau 80,9% dari total responden mengaku biasa mengonsumsi saus merek tersebut.
Di urutan kedua ada saus sambal Indofood yang biasa dikonsumsi oleh 61,2% responden, kemudian Del Monte 27,6% dan Belibis 25,6%.
Survei ini juga menemukan, mayoritas atau 70,5% responden memilih suatu merek karena rasa sausnya yang lebih enak dibandingkan merek lain.
Sementara, responden yang memilih suatu merek saus sambal karena harganya murah hanya 30%.
Survei ini dilakukan terhadap 691 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan proporsi reponden laki-laki 53% dan perempuan 47%.
Sebanyak 63,7% responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta, diikuti responden dari Jakarta (15,1%) dan Pulau Sumatra (12,9%). Sementara proposisi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,6%-3%.
Adapun sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,3%), diikuti kelompok usia 25-34 tahun (30,1%), dan kelompok usia 45-54 tahun (23,3%).
Data dikoleksi pada 7-14 Juli 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,72% dan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca juga: Survei Kurious-KIC: Baygon Merek Obat Nyamuk Terpopuler di Indonesia)