Pisang Goreng Turun Peringkat, Tak Lagi Jadi "Dessert" Terbaik Versi Taste Atlas 2023

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 07/07/2023 18:50 WIB
Skor 10 Dessert Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas (Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Taste Atlas, situs panduan wisata kuliner asal Kroasia, telah merilis daftar dessert atau hidangan penutup terbaik di dunia pada Juli 2023.

Sebelumnya, Taste Atlas juga pernah merilis daftar tersebut pada Februari 2023 dan menobatkan pisang goreng sebagai dessert terbaik di dunia dengan perolehan skor 4,6 poin dari 5 poin.

Tapi sayangnya, dalam laporan terbaru Taste Atlas ini, pisang goreng khas Indonesia harus tersungkur ke peringkat 47. Skornya juga ikut menurun, menjadi 4,5 poin.

Saat ini posisi puncak dessert terbaik di dunia versi Taste Atlas justru diduduki oleh pave, yaitu hidangan penutup berlapis khas Brasil yang mirip dengan tiramisu dengan skor 4,7 poin.

Komposisi makanan tersebut terbuat dari biskuit ladyfinger, krim, telur, susu kental manis, dan coklat. Pembuatan pave tak perlu dipanggang.

"Ini adalah hidangan penutup tradisional di Brasil, di mana setiap keluarga memiliki variasinya sendiri, jadi ada resep untuk stroberi, nanas, cokelat putih, kelapa, dan puding kacang," tulis Taste Atlas dalam laporannya.

Masih dari Brasil, urutan kedua diisi oleh bombacado dengan skor 4,7 poin. Diikuti oleh queso helado dari Peru yang juga memperoleh4,7 poin.

Adapun dalam daftar ini didominasi oleh dessert khas negara-negera dari kawasan Eropa yakni Italia, Prancis, Turki, Polandia, dan Austria dengan perolehan skor seperti pada grafik.

Berikut daftar lengkap 10 dessert terbaik di dunia versi Taste Atlas:

  1. Pave (Brasil): 4,7 poin
  2. Bombocado (Brasil): 4,7 poin
  3. Queso Helado (Peru): 4,7 poin
  4. Tiramisu (Italia): 4,6 poin
  5. Creme Brulee (Prancis): 4,6 poin
  6. Dondurma (Turki): 4,6 poin
  7. Dulde de Leche (Argentina): 4,6 poin
  8. Souffle au Chocolat (Prancis): 4,6 poin
  9. Sernis (Polandia): 4,6 poin
  10. Kaiserschmarrn (Austria): 4,6 poin

Meskipun tidak masuk daftar 10 besar, tapi ada beberapa dessert khas Indonesia termasuk dalam peringkat 100 besar yakni pisang goreng (46), cendol (51), dan dadar gulung (100).

(Baca juga: Pempek dan Siomay Masuk Daftar 10 "Street Food" Terbaik di Asia)

Data Populer
Lihat Semua