Pempek dan Siomay Masuk Daftar 10 "Street Food" Terbaik di Asia

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 15/06/2023 12:26 WIB
10 Street Food Terbaik di Asia Versi Taste Atlas (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situs panduan wisata kuliner asal Korasia, Taste Atlas, telah merilis daftar 10 street food atau makanan kaki lima terbaik di Asia pada Maret 2023.

Dalam daftar tersebut, terdapat beberapa kuliner street food khas Indonesia. Salah satunya adalah pempek yang berada di peringkat ketiga sebagai street food terbaik di Asia versi Taste Atlas dengan skor 4,8 dari 5 poin.

Taste Atlas menceritakan, makanan khas Palembang, Sumatra Selatan itu mulanya berasal dari seorang warga Palembang di zaman dulu yang bosan dengan ikan goreng tau ikan makan tradisional.

Kemudian orang tersebut mencoba untuk menggiling daging ikan, mencampurkannya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya untuk mendapatkan camilan lezat yang hari ini dikenal sebagai pempek.

"Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji dan saat ini pempek dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia," tulis Taste Atlas dalam laporannya, Selasa (30/05/2023).

Tak hanya Pempek, kuliner street food Indonesia lainnya yang termasuk ke dalam daftar ini adalah siomay dan serabi. Keduanya mendapatkan skor yang sama, yakni masing-masing sebesar 4,7 poin.

Meskipan siomay seringkali diasosiasikan dengan makanan asal Tiongkok yaitu shumai, tapi siomay dikenal sebagai kuliner khas Bandung. Makanan ini terbuat dari pangsit ikan berbentuk kerucut yang dikukus bersama telur, kentang, kol, tahu, dan pare yang disajikan bersama saus kacang.

Adapun serabi di urutan ketiga terbawah dari 10 daftar street food terbaik di Asia. Serabi merupakan panekuk tradisional yang terbuat darii tepung beras dan santan atau kelapa parut.

Serabi dapat dijumpai di seluruh daerah di pulau Jawa. Tapi umumnya, serabi dikenal sebagai makanan khas Bandung dan Solo.

Sementara itu, Taste Atlas jadi situs panduan wisata dan kuliner yang bertujuan untuk mempromosikan makanan lokal dari berbagai penjuru dunia.

Berikut daftar lengkap 10 street food terbaik di Asia versi Taste Atlas:

  1. Guotie (Tiongkok): 4,8 poin
  2. Roti Canai (India): 4,8 poin
  3. Pempek (Indonesia): 4,8 poin
  4. Karaage (Jepang): 4,7 poin
  5. Bahn Mi (Vietnam): 4,7 poin
  6. Siomay (Indonesia): 4,7 poin
  7. Com Tam (Vietnam): 4,7 poin
  8. Serabi (Indonesia): 4,7 poin
  9. Amritsari Kulcha (India): 4,7 poin
  10. Baozi (Tiongkok): 4,6 poin

(Baca juga: Kalahkan Spaghetti A la Italia, Tempe Goreng Masuk Daftar 10 Hidangan Vegan Terbaik Dunia)

Data Populer
Lihat Semua