Nasi Padang dan Pempek Masuk Daftar 10 Kuliner Terbaik ASEAN

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 19/04/2023 09:20 WIB
10 Makanan dan Minuman Terbaik di Asia Tenggara Versi Taste Atlas (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situs panduan wisata kuliner Taste Atlas merilis daftar 10 makanan dan minuman terbaik Asia Tenggara pada pertengahan Maret 2023.

Dalam daftar tersebut ada beberapa hidangan khas dari Indonesia. Bahkan peringkat teratasnya ditempati oleh nasi Padang, yang menjadi makanan terenak di Asia Tenggara versi Taste Atlas dengan skor 4,9 dari 5 poin.

Menurut Taste Atlas, karakter yang menonjol dari masakan Padang adalah penggunaan rempah dan bumbu yang banyak, terutama cabai segar. Restoran masakan Padang juga dinilai punya gaya penyajian yang unik.

"Pelayan (restoran masakan Padang) biasanya menyajikan nasi dan berbagai jenis hidangan, atau sesuai pesanan, di mana pelanggan bisa memilih hidangan yang mereka inginkan untuk ditaruh di atas nasi," kata Taste Atlas dalam laporannya, Senin (10/4/2023).

Selain nasi Padang, produk kuliner Indonesia yang masuk ke daftar ini adalah siomay dan pempek.

Meski namanya dekat dengan makanan asal Tiongkok, yakni siu mai atau shumai, siomay dikenal sebagai kuliner khas Bandung yang menggabungkan kukusan daging giling dengan telur rebus, kol, kentang, pare, dan bumbu kacang.

Adapun pempek merupakan makanan khas Palembang, berupa campuran daging ikan dan adonan tepung yang kemudian diberi cuko atau kuah cuka. Siomay dan pempek mendapat skor setara dengan minuman thai iced tea dari Thailand.

Taste Atlas merupakan situs kuliner asal Kroasia yang banyak mengulas hidangan tradisional dan restoran autentik. Situs ini telah membuat ulasan tentang lebih dari 10.000 makanan dan minuman dari berbagai negara.

Berikut daftar lengkap 10 makanan dan minuman terbaik di Asia Tenggara versi Taste Atlas:

  1. Nasi Padang (Indonesia): 4,9 poin
  2. Phanaeng Curry (Thailand): 4,8 poin
  3. Roti Canai (Malaysia): 4,8 poin
  4. Banh Mi (Vietnam): 4,7 poin
  5. Siomay (Indonesia): 4,7 poin
  6. Thai Iced Tea (Thailand): 4,7 poin
  7. Khao Soi (Thailand): 4,7 poin
  8. Bo Kho (Vietnam): 4,7 poin
  9. Nuoc Cham (Vietnam): 4,7 poin
  10. Pempek (Indonesia): 4,7 poin

(Baca: 10 Seafood Terenak Dunia Menurut Taste Atlas, Ada Pempek dari Indonesia!)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua