Ini Operator Seluler Terbaik untuk Main Mobile Game di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 05/07/2023 19:30 WIB
Skor Pengalaman Bermain Mobile Game Menggunakan 5 Operator Seluler Indonesia (1 Februari-1 Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Mobile Network Experience Report edisi Juni 2023 dari Open Signal, XL adalah operator seluler terbaik untuk bermain mobile game di Indonesia.

Open Signal mengukur pengalaman pengguna saat bermain gim multi-pemain secara real-time menggunakan perangkat seluler. Parameter yang diukur adalah tingkat latency, jitter, dan packet loss.

Pengujian dilakukan dengan memainkan mobile game populer seperti Fortnite, Pro Evolution Soccer, dan Arena of Valor. Open Signal melakukan pengujian menggunakan lima operator seluler di Indonesia selama periode 1 Februari-1 Mei 2023.

Hasilnya, XL menduduki peringkat puncak dalam kategori Games Experience dengan perolehan skor 73,1 dari skala 0-100 poin.

XL tercatat unggul 2,5 poin dari 3 (Tri) yang menduduki peringkat kedua dengan skor 70,6 poin.

Di urutan selanjutnya ada Telkomsel yang meraih 70 poin, Indosat 69,6 poin, dan Smatrfren di posisi terakhir dengan skor 67,6 poin.

Dari lima operator seluler tersebut belum ada satupun yang masuk kategori excellent atau sangat baik, yang kriteria skornya di atas 85 poin. Kelimanya baru mencapai kategori fair atau cukup dengan rentang skor 65-75 poin.

(Baca juga: Penjualan Belum Tertandingi, PS2 Jadi Konsol Video Gim Terlaku Sepanjang Zaman)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua