Seberapa Sering Masyarakat Indonesia Gunakan PayLater? Ini Hasil Surveinya

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 23/06/2023 17:50 WIB
Frekuensi Responden Menggunakan PayLater (Maret 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada Maret 2023, Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei untuk melihat tren penggunaan PayLater di Indonesia.

Hasilnya, dari 6.403 orang pengguna PayLater yang disurvei, mayoritas atau 39,9% di antaranya menggunakan layanan tersebut lebih dari 1 kali dalam sebulan.

Angka ini meningkat cukup tinggi dibanding survei tahun sebelumnya, di mana responden yang menggunakan PayLater lebih dari 1 kali dalam sebulan hanya 27%.

Adapun dalam survei Maret 2023, proporsi responden yang menggunakan PayLater 1 bulan sekali mencapai 20,8%, kemudian 3 bulan sekali 20,1%, dan 6 bulan sekali 13%.

Sementara, responden yang menggunakan PayLater 1 kali dalam setahun hanya 6,2%.

Survei ini juga menemukan bahwa proporsi konsumen yang sudah menggunakan PayLater selama lebih dari 1 tahun meningkat, dari 55,9% menjadi 78,6%.

"Ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen nyaman menggunakan PayLater sebagai metode pembayaran,” kata tim Kredivo dan KIC.

Kredivo dan KIC melakukan survei ini secara online kepada 6.403 orang pengguna PayLater yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Laporan lengkap mengenai surveinya dapat diakses dan diunduh melalui tautan ini.

(Baca: PayLater, Layanan Kredit Pertama yang Digunakan Mayoritas Warga Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua