Dampak FIFA Matchday untuk Ekonomi Indonesia, Sektor Makanan Paling Cuan

Olahraga
1
Adi Ahdiat 21/06/2023 11:50 WIB
10 Sektor Usaha dengan Nilai Dampak Ekonomi Terbesar dari Ajang FIFA Matchday Indonesia vs Argentina (Juni 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

FIFA Matchday Indonesia versus Argentina telah berakhir pada Senin (19/6/2023). Dalam ajang ini timnas sepak bola Indonesia kalah dengan skor 0-2 dari timnas Argentina, sang juara Piala Dunia 2022.

Kendati begitu, Indonesia tak sepatutnya bersedih hati, karena pertandingan tersebut membawa dampak ekonomi positif bagi beragam sektor usaha dalam negeri.

Menurut tim peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia versus Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) di dalam negeri sekitar Rp965 miliar.

Mereka juga menghitung, perputaran uang (output ekonomi) tersebut berpotensi menciptakan:

  • Nilai tambah untuk produk domestik bruto (PDB) Rp495 miliar;
  • Tambahan pendapatan rumah tangga pekerja Rp188 miliar;
  • Potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah Rp28 miliar; dan
  • Potensi penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang (meski sebagian besar sifatnya temporer).

Menurut tim peneliti LPEM FEB UI, secara umum dampak ekonomi FIFA Matchday paling banyak masuk ke sektor usaha penyediaan makanan-minuman, dengan nilai output Rp249,7 miliar.

Angka itu di antaranya berasal dari estimasi penjualan makanan-minuman untuk penonton pertandingan Indonesia versus Argentina, baik yang menonton langsung di stadion, televisi, maupun nonton bareng di restoran atau kafe.

FIFA Matchday juga ditaksir memberi dampak ekonomi bagi sektor jasa kesenian, hiburan, dan rekreasi; jasa penyiaran; perdagangan (selain mobil dan motor); dan lain-lainnya seperti terlihat pada grafik.

"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," kata tim peneliti LPEM FEB UI dalam laporan Simulasi Potensi Dampak Ekonomi Penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina.

"Namun demikian, penyelenggaraan FIFA Matchday lawan Argentina ini juga tidak murah. Match fee untuk mengundang Argentina ditaksir mencapai USD 5 juta sebagaimana dilansir New York Times," kata mereka.

(Baca: Bukan Messi, Ini Pemain Timnas Argentina dengan Valuasi Termahal)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua