Bukan Messi, Ini Pemain Timnas Argentina dengan Valuasi Termahal

Olahraga
1
Adi Ahdiat 20/06/2023 11:30 WIB
10 Pemain Timnas Sepak Bola Argentina dengan Valuasi Pasar Termahal (Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lionel Messi adalah pemain tim nasional (timnas) sepak bola Argentina yang meraih penghargaan Golden Ball atau pemain terbaik dalam Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ia juga meraih penghargaan sama pada Piala Dunia 2014.

Pemain yang dijuluki La Pulga atau Si Kutu dalam bahasa Spanyol itu bahkan memegang rekor sebagai peraih trofi Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah.

Namun, kendati prestasinya sulit dikalahkan, menurut data Transfermrkt valuasi pasar Messi saat ini sudah tertandingi oleh beberapa pemain muda.

Transfermarkt mengukur valuasi pasar pemain bola berdasarkan beragam indikator, seperti usia, performanya di klub dan timnas, level pertandingan yang pernah diikuti, riwayat cedera, gaji, biaya transfer, potensi perkembangan di masa depan, dan lain-lainnya.

Dengan mempertimbangkan banyak indikator tersebut, Transfermarkt menilai pada Juni 2023 Messi yang sudah berusia 35 tahun memiliki valuasi pasar EUR 45 juta atau sekitar Rp740 miliar (asumsi kurs Rp16.444 per EUR).

Sementara, pemain timnas Argentina lain yang lebih muda, yaitu Enzo Fernandez (22 tahun), Cristian Romero (25 tahun), dan Julian Alvarez (23 tahun) dinilai memiliki valuasi lebih besar.

Adapun Enzo Fernandez dinilai punya valuasi tertinggi di antara pemain timnas Argentina saat ini, yakni EUR 85 juta atau sekitar Rp1,39 triliun.

Selain bermain untuk timnas Argentina, kini Enzo Fernandez memperkuat klub Chelsea sebagai gelandang tengah. Ia juga sempat meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik dalam Piala Dunia 2022.

(Baca: 10 Pemain Bola Termahal Awal 2023, Mayoritas Ada di Chelsea)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua