Deretan Negara Paling Ramah Wanita Muslim dalam Kategori OKI, Indonesia Masuk Daftar!

Pariwisata
1
Nabilah Muhamad 12/06/2023 13:57 WIB
10 Negara OKI dengan Skor Ramah Wanita Muslim Tertinggi (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mastercard dan CrescentRanting memberi skor terhadap negara-negara destinasi wisata yang dinilai paling ramah wanita muslim dalam kategori Organisasi Kerja Sama Islam (Organization of Cooperation/OKI). Laporan itu dimuat dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023.

Dalam laporan tersebut, Malaysia menjadi negara urutan pertama dengan skor paling tinggi, yakni sebesar 87 poin dari skala 0-100 poin.

"Malaysia memimpin dalam hal destinasi ramah wanita muslim yang menggarisbawahi daya tariknya bagi wanita muslim dalam hal keamanan, tidak ada batasan agama, dan praktik sosio-ekonomi yang berkelanjutan," tulis GMTI dalam laporannya.

Indonesia menyusul di urutan kedua sebagai negara dengan destinasi ramah wanita muslim yang memperoleh 86 poin, hanya selisih satu poin dari Malaysia.

Lalu disusul oleh Qatar yang berada di urutan ketiga dengan total poin yang sama dengan Indonesia, yakni 86 poin. 

Sementara untuk negara dengan mayoritas penganut muslim, seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) memperoleh skor indeks 85 dan 84 poin yang menyediakan lingkungan yang aman dengan kompabilitas agama yang lengkap bagi wisatawan wanita muslim.

Adapun negera-negara bagian OKI lainnya seperti Brunei, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Jordan yang menawarkan keamanan bagi wisatawan wanita muslim dengan perolehan skor seperti grafik di atas.

Menurut Laporan GMTI, lebih dari 45% wisatawan muslim di dunia adalah perempuan. Sehingga keamanan bagi wanita muslim perlu diberikan perhatian khusus.

Selain menyediakan destinasi wisata yang menarik, negara-negara ini juga menawarkan lingkungan wisata yang aman, nyaman, dan ramah bagi wisatawan muslim.

Metode pemberian skornya melalui ACES framework dan sejumlah indikator, di antaranya kemudahan akses, komunikasi, lingkungan, dan layanan. Indikator ini dipakai di seluruh perhitungan skor di setiap tujuan atau subkategori riset GMTI.

Sedikitnya ada 57 negara yang tergabung dalam OKI. Namun dalam penilaian negara ramah wanita muslim, GMTI hanya mengimpun 10 besarnya saja

(Baca juga: Indonesia Duduki Peringkat Pertama Destinasi Ramah Muslim di Dunia)

Data Populer
Lihat Semua