Kebakaran 400 Hutan Kanada Cemari Udara Amerika Serikat hingga Merah, Bagaimana Skor Kualitasnya?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Erlina F. Santika 09/06/2023 16:26 WIB
Skor Kualitas Udara 10 Kota di Amerika Serikat (9 Juni 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kebakaran hebat melanda hutan-hutan di Kanada, Amerika Utara, Rabu (7/6/2023). Kejadian itu membuat beberapa daerah di sekitar Kanada terkena cemaran asap kebakaran.

Dilansir Reuters, kebakaran hutan sebenarnya sering terjadi di provinsi barat Kanada, tetapi tahun ini api telah menjamur dengan cepat di timur negara itu. Tragedi ini menjadi yang paling buruk yang terjadi di awal musim.

Menteri Kesiapsiagaan Darurat Federal Bill Blair menyebut, sekitar 3,8 juta hektar telah terbakar. Ini hampir menyamakan 15 kali rata-rata kebakaran dalam 10 tahun.

"Di seluruh negeri hingga hari ini, ada 414 hutan terbakar, 239 di antaranya dipastikan tidak terkendali," katanya dalam konferensi pers Rabu (7/6/2023).

Provinsi Quebec di timur Kanada adalah salah satu yang paling parah terkena dampaknya. Kebakaran memaksa pemerintah melakukan penutupan jalan, adanya gangguan telekomunikasi dan aliran listrik tinggi.

Buntut kejadian ini juga membuat kawasan-kawasan sekitar Kanada terpapar asap kebakaran. BBC sempat membagikan peta kabut asap kebakaran Kanada yang melebar ke Amerika Serikat.

Beberapa daerah terlihat ditandai dengan warna merah tua hingga ungu, yang mengindikasikan level pencemaran asap mencapai 250-500 mikrogram per kubik meter. Ini kategori paling bahaya.

Di media sosial pun sempat viral video udara dan kondisi New York, Amerika Serikat yang menjadi keruh berwarna oranye-merah. Suara.com mewartakan bahwa kualitas udara di kota metropolitan itu sempat tembus 342 poin.

Lantas, bagaimana kualitas udara kota-kota di Amerika Serikat saat ini?

IQAir menghimpun sedikitnya 10 kota di Amerika Serikat yang memiliki kualitas udara terburuk saat ini. Data diambil pada Jumat (9/6/2023) pukul 03.00 waktu setempat.

Kota dengan kualitas udara paling buruk jatuh pada Felton, Delaware dengan skor 171 poin. Jenis polutan utamanya PM2,5 dengan konsentrasi 96 mikrogram per kubik meter (µg/m³).

Kedua ada Saint Mary, Maryland dengan skor kualitas sebesar 168 poin. Ketiga, ada Fall River, Massachusetts dengan nilai 161 poin.

Charlotte Hall dan Millington di Maryland menyusul di posisi keempat dan kelima dengan nilai yang sama, yakni 160 poin. Sisanya, seperti terlihat pada grafik.

(Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Terburuk Ketiga Dunia)

Data Populer
Lihat Semua