Terus Bertambah, Jumlah Pengguna Youtube di Dunia Capai 2,68 Miliar Orang per Kuartal I-2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 31/05/2023 16:19 WIB
Jumlah Pengguna Aktif YouTube di Dunia (Kuartal I-2010- Kuartal I-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Popularitas Youtube semakin melejit dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi video milik induk Google ini terus mencatatkan peningkatan jumlah pengguna aktif di platformnya.

Berdasarkan data Business of Apps, jumlah pengguna aktif Youtube di dunia telah mencapai 2,68 miliar pada kuartal I-2023. Jumlah ini tertinggi selama lebih dari satu dekade terakhir.

Jumlah pengguna aktif YouTube tersebut naik tipis 0,26% dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter to quarter/q-to-q). Sementara, jumlah pengguna aktif Youtube di kuartal I-2023 juga meningkat 9,17% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Adapun YouTube terus mencatatkan peningkatan jumlah pengguna aktif selama lebih dari satu dekade terakhir. Pada kuartal I-2010, misalnya, jumlah pengguna aktif YouTube baru mencapai 234 juta secara global.

Ini artinya, terjadi peningkatan ribuan persen (1.048,71%) pada  jumlah pengguna aktif Youtube global dari kuartal I-2010 hingga kuartal I-2023.

Melejitnya jumlah pengguna YouTube dalam beberapa tahun terakhir dikarenakan platform video itu melakukan penyesuaian dengan kehadiran sejumlah fitur baru untuk menyaingi kompetitornya. Seperti fitur Premium, live streaming, hingga Shorts.

Menurut Business of Apps, jumlah pelanggan (subscriber) YouTube Premium pada 2022 telah mencapai 80 juta subsribers. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya 50 juta subscribers.

Adapun YouTube Premium merupakan layanan berlangganan streaming berbayar yang menyediakan streaming bebas iklan untuk semua video di YouTube.

(Baca: Inilah 10 YouTuber dengan Jumlah "Subscribers" Terbanyak di Indonesia, Ada Favoritmu?)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua