Ini Dia Pencetak Gol SEA Games 2023 Terbanyak, Ada dari Indonesia?

Olahraga
1
Erlina F. Santika 17/05/2023 16:14 WIB
Pencetak Gol Terbanyak dalam Sepak Bola U-22 SEA Games 2023 Kamboja (5-16 Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laga dramatis final sepak bola putra U-22 SEA Games 2023 antara Indonesia dan Thailand berujung kemenangan yang dipegang oleh tim Garuda dengan skor 5-2. Kemenangan itu menjadi pelepas dahaga setelah Indonesia berpuasa medali emas selama 32 tahun.

Indonesia mencetak dua gol yang semuanya disumbang Ramadhan Sananta pada babak pertama. Gol kedua Ramadhan sempat mendapat protes keras dari tim Thailand lantaran dianggap bola fairplay.

Saat itu wasit tengah menghentikan permainan ketika Witan Sulaiman terlihat sakit. Tak lama, bola dilepaskan pemain Indonesia untuk Thailand, tetapi diterima Ramadhan bahkan berujung gol. Kendati mendapat protes, wasit bersikukuh menyatakan gol tersebut sah.

Thailand menyusul kedudukan dengan gol dari Anan Yongsangwal dan Yotsakorn Burapham pada babak kedua. Skor menjadi imbang, 2-2.

Memasuki tambahan waktu setelah babak kedua, Indonesia mampu menjebol gawang Thailand melalui Irfan Jauhari Fajar Fatur Rahman dan Beckham Putra.

Pada babak tambahan waktu ini, laga berlangsung sangat panas. Kartu merah diobral wasit akibat insiden keributan antara timnas serta ofisial Thailand dan Indonesia. Manajer Timnas Indonesia, Sumardji terkena bogem mentah dari ofisial Thailand.

Total ada 17 kartu kuning dan 6 kartu merah yang dilayangkan oleh wasit malam itu di Stadion Olimpiade Phnom Penh.

Final dramatis itu menjadi penutup SEA Games 2023 Kamboja. Lantas, siapa pencetak gol terbanyak selama gelaran bergengsi itu digelar?

(Baca juga: Daftar Juara Sepak Bola Putra SEA Games Sejak 1959, Timnas Indonesia Berapa Kali Menang?)

Dilansir dari Bola.net, gol paling banyak mencapai 5 gol yang masing-masing disumbang oleh tiga pemain. Mereka adalah Nguyen Van Tung (Vietnam), M Fajar Fathur Rahman (Indonesia), dan Ramadhan Sananta (Indonesia).

Sementara 4 gol masing-masing disumbang oleh Saravanan Thirumurugan (Malaysia), Teerasak Poeiphimai (Thailand), dan Yotsakorn Burapha (Thailand).

Para pemain paling banyak menyumbang dua gol. Gol-gol ini dianggap cukup seimbang sebab dicetak oleh beberapa pemain dari lintas negara, tidak ada yang betul-betul mendominasi.

Berikut pencetak gol terbanyak dalam laga sepak bola U-22 SEA Games 2023:

  • 5 gol
    Nguyen Van Tung (Vietnam)
    M Fajar Fathur Rahman (Indonesia)
    Ramadhan Sananta (Indonesia)
  • 4 gol
    Saravanan Thirumurugan (Malaysia)
    Teerasak Poeiphimai (Thailand)
    Yotsakorn Burapha (Thailand)
  • 3 gol
    Theit Hein Soe (Myanmar)
    Anan Yodsangwal (Thailand)
  • 2 gol
    Chou Sinti (Kamboja)
    Marselino Ferdinan (Indonesia)
    Titan Agung (Indonesia)
    Achitpol Keereerom (Thailand)
    Ho Van Cuon (Vietnam)
    Beckham Putra (Indonesia)
    Irfan Jauhari (Indonesia)

(Baca juga: Berapa Bonus yang Bakal Dikantongi Atlet Indonesia Peraih Medali Emas hingga Perak SEA Games?)

Data Populer
Lihat Semua