Ini Negara Mitra Dagang Utama Indonesia di ASEAN pada 2022

Perdagangan
1
Adi Ahdiat 28/03/2023 15:10 WIB
Nilai Perdagangan Ekspor-Impor Indonesia dengan Negara ASEAN (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Singapura merupakan mitra dagang utama Indonesia di kawasan ASEAN pada 2022.

Sepanjang tahun lalu total nilai perdagangan Indonesia dengan Singapura mencapai USD 33,8 miliar, terdiri dari ekspor Indonesia USD 14,4 miliar dan impor USD 19,4 miliar.

Secara kumulatif, nilai perdagangan dengan Singapura paling besar dibanding transaksi dengan negara-negara tetangga lain.

Namun, jika dirinci berdasarkan arus perdagangannya, pasar ekspor terbesar Indonesia pada 2022 adalah Malaysia, sedangkan pasar impor nomor satunya Singapura.

Pada 2022 Indonesia juga banyak berdagang dengan Thailand, Filipina, dan Vietnam. Sementara perdagangan dengan Myanmar, Brunei, Kamboja, Timor Leste, dan Laos nilanya sangat kecil seperti terlihat pada grafik.

Adapun tahun ini Indonesia mendapat giliran menjadi Ketua ASEAN. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi acara-acara pertemuan besar, seperti Konferensi Tingkat Tnggi (KTT) atau ASEAN Summit 2023 yang akan digelar pada bulan Mei di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Indonesia juga menjadi tempat gelaran ASEAN+3 Summit 2023, yang akan dihadiri negara anggota beserta negara mitra ASEAN. Acara ini rencananya digelar di Jakarta pada September 2023.

"Prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN adalah menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi rakyatnya dan bagi dunia, menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN sehingga tetap menjadi motor perdamaian dan stabilitas di kawasan, dan menjadikan Asia Tenggara tetap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi," kata Presiden Jokowi dalam siaran persnya, Kamis (16/3/2023).

(Baca: Indonesia Jadi Lahan Megaproyek Migas Terbesar di ASEAN)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua