Bibiana Steinhaus, Wasit Sepak Bola Wanita Terbaik di Dunia Selama Satu Dekade Terakhir

Olahraga
1
Vika Azkiya Dihni 10/02/2022 15:30 WIB
5 Wasit Sepakbola Wanita Terbaik di Dunia (2011-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Wasit merupakan elemen terpenting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Wasit memiliki wewenang untuk mengatur jalannya suatu pertandingan. Kehadirannya sebagai pengadil dibutuhkan untuk membuat pertandingan berjalan adil bagi kedua tim.

Berdasarkan penilaian Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS), berikut 5 wasit wanita terbaik dalam cabang olahraga sepak bola:

1. Bibiana Steinhaus, Jerman

Bibiana Steinhaus, wasit sepakbola asal Jerman memenangkan penghargaan peringkat wasit wanita terbaik dunia dalam dekade 2011-2020. Berdasarkan penilaian Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS), ia memperoleh skor tertinggi yakni 171 poin.

Pemenang empat kali penghargaan tahunan IFFHS untuk wasit terbaik dunia diperoleh Bibiana Steinhaus pada tahun 2013, 2014, 2017, dan 2018. Pada tahun 2011, ia adalah wanita pertama yang menjadi wasit Final Piala Dunia Wanita FIFA .

Pada tahun 2012, ia pun sebagai wanita pertama yang menjadi wasit Final Sepak Bola Wanita Olimpiade Musim Panas. Lalu pada tahun 2017, ia menjadi wanita pertama dalam sejarah yang menjadi wasit pertandingan pria di Bundesliga Jerman dan juga wanita pertama yang bersiul di Super Cup Final pria Jerman antara FC Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

2. Esther Staubli, Swiss

Esther Staubli dari Swiss menempati posisi kedua dalam ranking wasit wanita terbaik dunia dalam dekade 2011-2020 dengan skor 135 poin. Meskipun selama satu dekade ia tak pernah memenangkan penghargaan tahunan, tetapi ia selalu berada di top 10 terbaik dunia setiap tahun, yaitu posisi kedua pada 2017 dan 2020.

Wasit berusia 36 tahun itu disebut-sebut menjadi wasit wanita pertama yang memimpin acara sepak bola paling bergengsi dan tingkat tinggi di Eropa.

3. Kateryna Monzul, Ukraina

Posisi ketiga ditempati Kateryna Monzul, wasit wanita asal Ukraina yang memperoeh skor 124 poin. Ia memimpin pertandingan internasional pertamanya pada September 2005, Finlandia versus Polandia di kualifikasi Piala Dunia Wanita FIFA 2007.

Monzul menjadi wasit pertandingan pembukaan Piala Dunia Wanita FIFA 2015. Ajang itu menandai debutnya dalam kompetisi sebagai wasit utama, di mana ia memberikan tendangan penalti kontroversial pada injury time kepada negara tuan rumah Kanada yang mencetak gol untuk mengalahkan China 1-0.

4. Stephanie Frappart, Perancis

Selanjutnya posisi keempat diduduki oleh Stephanie Frappart asal Perancis dengan perolehan skor 88 poin. Sejak 2019, Stephanie Frappart mendominasi peringkat wasit terbaik dunia wanita.

Bahkan pada tahun 2021, ia memenangkan lagi penghargaan IFFHS. Pada tahun 2021, Frappart menjadi wanita pertama yang memimpin di babak final UEFA Men's Euro.

Ia menjadi wasit pertama untuk Men's European SuperCup Liverpool - Chelsea dan untuk kompetisi Liga Champions Pria pertandingan Juventus - Kiev. Teladannya memberi kesempatan bagi wasit wanita lain di dunia untuk memimpin kompetisi pria terhebat di semua benua.

5. Katalina Kulcsar, Hungaria

Katalin Anna Kulcsár adalah wasit sepak bola Hungaria. Menududuki peringkat kelima sebagai wasit wanita terbaik dengan skor 78 poin.

Ia memimpin pertandingan internasional pertamanya pada September 2004, Malta versus Bosnia dan Herzegovina. Ia pun menjadi wasit final Kejuaraan U-17 Wanita UEFA pada 2009.

(Baca Juga: Manchested United, Klub Sepak Bola dengan Pengeluaran Terbesar)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua