Optimisme Konsumen Menguat pada April 2023, Tertinggi sejak Awal Tahun

Keuangan
1
Adi Ahdiat 10/05/2023 15:10 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia (Januari 2019-April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Optimisme konsumen Indonesia menguat pada April 2023 dan mencapai level tertinggi sejak awal tahun ini.

Hal itu terlihat dari hasil survei Bank Indonesia (BI) yang menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai level 126,1 pada April 2023, lebih tinggi dibanding IKK Januari-Maret 2023 yang masih di kisaran 123.

Indeks di atas 100 menunjukkan kondisi konsumen yang optimistis, sedangkan indeks di bawah 100 menunjukkan kondisi konsumen yang pesimistis.

"Keyakinan konsumen terpantau meningkat pada seluruh kategori pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp1 juta–Rp2 juta per bulan," kata BI dalam laporan Survei Konsumen April 2023.

"Keyakinan konsumen juga terpantau optimistis pada seluruh kategori usia responden, meskipun penurunan cukup dalam terjadi pada kelompok usia di atas 60 tahun," lanjutnya.

Meningkatnya IKK didorong oleh penguatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

IKE, indeks yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap perekonomian aktual, berada di level optimistis 116,6 pada April 2023, meningkat tiga poin dibanding bulan sebelumnya.

Secara umum, IKE meningkat karena mayoritas responden merasa semakin optimistis akan ketersediaan lapangan kerja dan kondisi penghasilan saat ini, serta percaya diri untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Kemudian IEK, yang mencerminkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang, mencapai level 135,5 pada April 2023, naik juga tiga poin dibanding Maret 2023.

IEK tercatat naik karena mayoritas responden merasa ketersediaan lapangan kerja dan penghasilannya akan membaik dalam 6 bulan ke depan. Namun, ekspektasi responden terhadap perkembangan kegiatan usaha 6 bulan mendatang terindikasi menurun.

BI melakukan survei ini dengan melibatkan sekitar 4.600 responden dengan metode stratified random sampling.

Responden tersebar di 18 kota, yakni Jakarta, Bandung, Bodebek, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Bandar Lampung, Palembang, Banjarmasin, Padang, Pontianak, Samarinda, Manado, Denpasar, Mataram, Pangkal Pinang, Ambon dan Banten.

(Baca: Sempat Turun, Pengunjung E-Commerce Naik Lagi saat Ramadan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua