10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak (Rabu, 29 Maret 2023)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 01/04/2023 00:42 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mengantisipasi dampak penularan varian Omicron yang terus naik secara aktif terdapat 86 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan pemeriksaan jumlah spesimen diperiksa di atas rata-rata nasional. Data per Rabu, 29 Maret 2023, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 95,23 spesimen per minggu.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Persentase Pemeriksaan Suspek per Minggu Tertinggi (Senin, 27 Maret 2023))

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah Bekasi, kota Denpasar, Gresik, Sidoarjo dan kota Kupang dengan masing-masing angka spesimen per minggu 992 spesimen per minggu, 986 spesimen per minggu, 917 spesimen per minggu, 906 spesimen per minggu dan 891 spesimen per minggu.

Bekasi berada di urutan pertama. Jumlah spesimen diperiksa di tempat ini tercatat 992 spesimen per minggu. Adapun angka positive rate terakhir adalah 3,58 persen. Positive rate di wilayah ini telah turun dibandingkan rasio pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya kota Denpasar. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, jumlah spesimen diperiksa sebanyak 986 spesimen per minggu. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 1,91 persen atau naik dibandingkan persentase pekan sebelumnya.

Kemudian, Pemeriksaan jumlah spesimen diperiksa tercatat 917 spesimen per minggu, pemeriksaan sebanyak 906 spesimen per minggu di Sidoarjo serta untuk pemeriksaan jumlah spesimen diperiksa di kota Kupang tercatat 891 spesimen per minggu.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 111 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan jumlah spesimen diperiksa harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 64 kabupaten/kota lainnya mencatatkan jumlah spesimen diperiksa lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: Update Omicron : Total di Indonesia Ada 34.730 Kasus (Senin, 27 Maret 2023))

Wilayah di luar Jawa dengan angka jumlah spesimen diperiksa terbanyak beberapa di antaranya adalah kota Denpasar, kota Kupang dan Sikka dengan masing-masing jumlah spesimen diperiksa yakni 986 spesimen, 891 spesimen dan 883 spesimen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua