Berapa Kali Rerata Konsumen Indonesia Membeli Sneakers dalam Setahun?

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 01/03/2023 19:00 WIB
Frekuensi Konsumen Indonesia Membeli Sneakers dalam Setahun (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sneakers merupakan salah satu jenis barang fesyen yang kerap dibeli oleh konsumen Indonesia. Meski demikian, frekuensi membeli sneakers konsumen Indonesia tak begitu banyak dalam setahun.

Berdasarkan hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), rerata konsumen Indonesia membeli sneakers hanya 1 sampai 2 kali dalam setahun. Persentasenya mencapai 78,2% dari total responden.

Kemudian, ada 18% responden yang mengaku membeli sneakers sebanyak 3 sampai 4 kali dalam setahun. Lalu, ada pula sebanyak 3% responden membeli sneakers sebanyak 5 sampai 6 kali dalam setahun.

Di sisi lain, persentase responden yang membeli sneakers di atas 7 kali dalam setahun lebih rendah ketimbang ketiga frekuensi di atas.

Survei tersebut juga menunjukkan, jenis sneakers yang biasa dibeli oleh konsumen Indonesia adalah low top sneakers (43,6%), disusul athletic sneakers (41,1%), dan slip-on sneakers (41,1%).

Kurious-KIC mensurvei 399 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 49,2% dan perempuan 50,8%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (64%), kemudian di Jakarta (15,4%), dan Sumatera (10,9%). Responden yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,5%-3,6%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (31,7%), diikuti kelompok 25-34 tahun (29,6%), dan kelompok 45-54 tahun (22,2%).

Adapun survei dilakukan pada 14-22 Februari 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 4,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Deretan Merek Sneakers Paling Disukai Masyarakat Indonesia, Adidas Juaranya!)

Data Populer
Lihat Semua