Apa Merek Sabun Terpopuler di Indonesia? Ini Surveinya


Nama Data | Nilai |
---|---|
Lifebuoy | 88,9 |
Nuvo | 76,9 |
Lux | 75,5 |
Dettol | 73,8 |
Dove | 69,2 |
Shinzui | 68,1 |
Biore | 62,7 |
Cussons | 62,5 |
Harmony | 51,4 |
Betadine | 37,1 |
The Body Shop | 29,4 |
Herboris | 28,1 |
Scarlett | 27 |
Leivy | 11,3 |
Sensatia | 6,5 |
Lain-lainnya | 3,1 |
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Menurut survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), Lifebuoy merupakan merek sabun terpopuler di Indonesia.
Sebanyak 88,9% responden mengetahui merek sabun Lifebuoy, sedangkan tingkat pengenalan terhadap merek sabun lainnya lebih rendah seperti terlihat pada grafik.
Mayoritas responden (72,8%) mengingat merek sabun yang mudah ditemui di pusat perbelanjaan. Sementara responden yang mengenali merek sabun dari event atau kegiatan aktivasi perusahaan jauh lebih sedikit (21,6%).
Selain paling populer, Lifebuoy juga menjadi merek sabun yang paling banyak digunakan responden, dengan proporsi mencapai 71,3%. Para pesaingnya seperti Nuvo, Lux, Dettol, Shinzui, Biore, Dove, dan Cussons hanya digunakan oleh sekitar 39% sampai 13% responden.
Kurious-KIC melakukan survei ini terhadap 555 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 50,4% dan perempuan 49,6%.
Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (65%), kemudian di Jakarta (13,2%), dan Sumatra (10,9%). Sementara responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua proporsinya lebih kecil (antara 0,1%-3,9%).
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (31,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (28,2%) dan kelompok 45-54 tahun (21,7%).
Survei digelar pada periode 19-26 Desember 2022 menggunakan computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan sekitar 4,2% dan tingkat kepercayaan 95%. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.
(Baca: Ini Produk yang Bikin Orang Teringat pada Idol K-Pop)