Korea Selatan Cari Ribuan Tukang Las dari Indonesia pada 2022

Ketenagakerjaan
1
Adi Ahdiat 10/02/2023 18:00 WIB
Lowongan Kerja di Korea Selatan untuk Pekerja Migran Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pada tahun 2022 Korea Selatan membuka sekitar 12 ribu lowongan kerja untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Pekerja yang paling banyak mereka cari dari Indonesia adalah tukang las kapal (shipbuilding welder), dengan jumlah 7.500 orang.

Korea Selatan juga membuka lowongan untuk tukang cat kapal (shipbuilding painter), teknisi listrik kapal (shipbuilding electrician), pekerja pabrik, operator produksi, serta tukang las umum (welder) dengan berbagai kualifikasi.

Di antaranya tukang las 3/4G yang memiliki kualifikasi mengelas logam posisi vertikal atau diagonal dengan sudut kemiringan 70-80 derajat.

Kemudian tukang las 6G dengan kualifikasi mengelas logam posisi miring 45 derajat, level keterampilan yang tergolong tinggi dalam bidang penyambungan logam.

(Baca: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Korea Selatan Tahun 2022)

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (Sisko P2MI), sampai awal tahun ini Korea Selatan belum tercatat membuka lowongan kerja baru untuk PMI.

Adapun masyarakat yang hendak bekerja di luar negeri bisa mendaftar di situs resmi Sisko P2MI, kemudian mencari lowongan yang sesuai dan mengikuti prosedur seleksinya.

Seleksi PMI meliputi kelengkapan berkas administrasi dan dokumen lain yang diperlukan sesuai lowongan, semisal surat keterangan kesehatan, ijazah pendidikan, sertifikat pelatihan, dan lain-lainnya.

(Baca: BP2MI Ungkap Pekerja Migran Indonesia Didominasi Profesi Pembantu Rumah Tangga)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua