BMKG: Gempa Terkini di Timur Laut Kota Jayapura Magnitudo 4,2, Tak Berpotensi Tsunami

Demografi
1
Yogi Yulianto 06/02/2023 06:33 WIB
Lima Gempa Bumi Terakhir yang Tercatat di BMKG (06 Februari 2023 23:19:34)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gempa dengan kekuatan magnitude (M) 4,2 di Kota Jayapura. Pusat gempat berada di darat."Pusat gempa berada di darat 2 km barat laut Kota Jayapura dan gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat." tulis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui website resminya, 06 Februari 2023.

Gempa terjadi pada pukul 23:19:34. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 2.52 LS (Lintang Selatan) dan 140.69 BT (Bujur Timur).

Gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Jayapura dengan skala III-Kota. Skala MMI yang dirasakan adalah III yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 26 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

(Baca: BMKG: Gempa Terkini di Timur Laut Kota Jayapura Magnitudo 3,1, Tak Berpotensi Tsunami)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.