Ini Negara Pasar E-Commerce Terbesar pada 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 03/01/2023 15:50 WIB
Pangsa Pasar E-Commerce Global (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Activate Consulting, sepanjang 2021 bisnis e-commerce global memiliki online gross merchandise value (GMV) US$5,1 triliun.

Angka GMV itu merupakan akumulasi nilai kotor barang dagangan yang dijual melalui situs atau aplikasi digital.

Negara yang menjadi pasar e-commerce terbesar pada 2021 adalah Tiongkok yang menguasai 51% dari total GMV global.

Di bawahnya ada Amerika Serikat dengan pangsa 19%, Inggris 5%, Jepang 3%, Korea Selatan 3%, Jerman 2%, dan gabungan negara-negara lainnya 17%.

Adapun Alibaba menjadi perusahaan e-commerce terbesar pada 2021, dengan perkiraan nilai GMV mencapai US$1,2 triliun.

GMV Alibaba jauh melampaui para pesaingnya di skala global seperti Amazon, JD.com, Pinduoduo, Apple, eBay, Shopee, Suning.com, Rakuten, dan Walmart.

Activate memproyeksikan nilai GMV e-commerce global pada 2022 naik jadi US$5,8 triliun, dan akan terus tumbuh jadi US$9,4 triliun pada 2026.

"Pertumbuhan akan didorong oleh pemain e-commerce besar serta bisnis yang menyasar semua kategori konsumen," kata Activate dalam laporan Technology & Media Outlook 2023.

"Bahkan bisnis kategori konsumen kelas atas seperti otomotif, perhiasan, dan furnitur akan mempercepat perpindahan mereka ke pasar online," lanjutnya.

(Baca: 10 Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia Tahun 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua