Berkat Saham BYAN, Dewi Kam Jadi Wanita Terkaya di Indonesia pada 2022

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 27/12/2022 16:40 WIB
Daftar Wanita Terkaya di Indonesia menurut Forbes (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2022. Dari jumlah tersebut, 4 orang di antaranya merupakan wanita.

Berikut rincian nama dan profil singkat para wanita terkaya di Indonesia menurut Forbes:

  1. Dewi Kam

Dewi Kam berada di peringkat ke-21 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia, serta menjadi wanita terkaya di Tanah Air pada 2022. Total kekayaannya mencapai US$2 miliar atau Rp31,33 triliun (kurs Rp15.667/US$).

Menurut Forbes, perempuan berusia 72 tahun itu mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources. Dalam setahun terakhir saham emiten berkode BYAN itu sudah melonjak hampir 600%.

Dewi Kam juga merupakan pemilik dari PT Sumber Energi Sakti Prima (SSP), yang bermitra dengan PT Bosowa Energi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

  1. Arini Subianto

Arini Subianto menempati peringkat kedua wanita terkaya di Indonesia dengan total harta mencapai US$1,5 miliar atau Rp23,5 triliun. Ia menduduki peringkat ke-28 dalam daftar 50 besar.

Wanita berusia 52 tahun ini merupakan putri sulung mendiang konglomerat Indonesia, Benny Subianto. Ketika sang ayah berpulang, Arini mengambil alih kendali kerajaan bisnis keluarganya yang bernilai jutaan dolar AS.

Salah satu sumber kekayaannya adalah PT Persada Capital Investama yang bisnisnya meliputi sektor perkebunan, pertanian, konstruksi, properti, hingga pertambangan. Arini kini menjabat sebagai presiden direktur di perusahaan tersebut.

Perusahaan yang dipimpin Arini juga merupakan pemegang saham minoritas di emiten raksasa batu bara Adaro Energy. Menurut Forbes, Arini juga berinvestasi di startup teknologi melalui PT Persada sejak 2017.

  1. Ghan Djoe Hiang

Ghan Djoe Hiang masuk peringkat ke-3 wanita terkaya di Indonesia 2022 dengan total kekayaan US$1,07 miliar atau Rp16,76 triliun.

Perempuan berusia 79 tahun ini merupakan istri mendiang taipan Indonesia, Athanasius Tossin Suharya, pendiri grup usaha Baramulti yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. Baramulti Group saat ini memiliki 11 konsesi batu bara di Kalimantan dan Sumatra.

Sama seperti Dewi Kam, Ghan Djoe Hiang juga merupakan pendatang baru dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Tahun ini ia berhasil masuk peringkat ke-41.

  1. Marina Budiman

Terakhir ada Marina Budiman dengan harta kekayaan mencapai US$1,04 miliar atau Rp16,29 triliun. Wanita berusia 61 tahun ini merupakan salah satu pendiri dan presiden komisaris perusahaan pusat data DCI Indonesia. Marina mendirikan DCI pada 2011 bersama Otto Toto Sugiri.

Ia bekerja dengan Otto Toto Sugiri di Bank Bali pada tahun 1985 dan bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada 1989. Marina juga ikut mendirikan Indonet, penyedia layanan internet pertama di Indonesia pada 1994.

(Baca: 10 Orang Terkaya di Indonesia, Low Tuck Kwong Juara)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua