Cadangan Devisa RI November Naik Jadi US$134 Miliar, Ditopang Penerimaan Pajak dan Migas

Moneter
1
Annissa Mutia 08/12/2022 10:20 WIB
Cadangan Devisa Indonesia Januari 2021-November 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir November 2022 sebesar US$134,0 miliar. Nilai itu meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Oktober 2022 sebesar US$130,2 miliar.

"Peningkatan posisi cadangan devisa pada November 2022 antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penerimaan devisa migas," ujar BI dalam keterangan resminya, Rabu (7/12).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 5,9 bulan impor atau 5,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Di samping itu, cadangan devisa November berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional.

(baca: Ini Negara G20 dengan Cadangan Devisa Terbesar pada 2021)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.