Bukan Pop, Ini Genre Musik Favorit Gen Z

Media
1
Adi Ahdiat 01/12/2022 13:50 WIB
Genre Musik yang Disukai Responden Gen Z* (Kuartal II 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Musik pop tampaknya kurang populer di kalangan Gen Z. Menurut survei Global Web Index (GWI), di kelompok responden usia 16-24 tahun hanya ada 23% yang menyukai genre pop.

Mayoritas responden Gen Z justru lebih menyukai musik hip-hop atau rap, dengan persentase 31%. Kemudian yang menyukai musik tahun 90-an ada 29%, musik rock 27%, dan musik tahun 2000-an 23%.

GWI menemukan selera musik Gen Z ini berbeda dengan kelompok responden yang usianya lebih tua.

"Kelompok responden berusia di atas 24 tahun terjebak pada musik 80-an atau 90-an," kata GWI dalam laporan The Global Media Landscape terbaru yang dirilis November 2022.

"Musik hip-hop atau rap lebih banyak populer di kelompok usia 16-24 tahun, mungkin karena mereka tidak punya referensi periode musik untuk bernostalgia, kecuali musik tahun 2000-an," lanjutnya.

Kendati demikian, GWI menilai pasar musik saat ini tak sepenuhnya bisa dikategorikan berdasarkan genre. Pasalnya, kini konsumen musik streaming umumnya lebih terbiasa dengan daftar putar lagu atau playlist yang berfokus pada suasana ketimbang genre musiknya.

"Beberapa daftar putar lagu populer di Spotify berjudul seperti 'Confidence Boost', 'Sad Hour', atau 'Feelin' Myself'. Pengkategorian musik berbasis suasana hati ini menjadi lebih populer, sedangkan genre jadi semakin sulit didefinisikan," kata GWI.

Survei ini dilakukan GWI sepanjang kuartal II 2022 dengan melibatkan sekitar 170 ribu responden yang tersebar di 48 negara. Negara yang disurvei berasal dari regional Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Afrika, Timur Tengah, sampai Asia Pasifik termasuk Indonesia.

(Baca: Dangdut, Jenis Musik Paling Disukai Masyarakat Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.